Survei BI: Bank Pangkas Bunga Kredit Kuartal II, Paling Besar KPR

Agustiyanti
16 April 2020, 19:38
perbankan, bunga kredit, survei BI, survei perbankan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Rata-rata bunga KPR pada kuartal II 2020 diperkirakan turun 9 bps dibanding kuartal sebelumnya menjadi 10,98%.

Survei Perbankan Bank Indonesia memperkirakan bunga kredit akan menurun pada kuartal II 2019. Penurunan bunga akan terjadi pada seluruh jenis kredit, dengan penurunan paling besar pada bunga kredit pemilikan rumah atau KPR.

Bersdasarkan survei yang dipublikasikan BI pada Kamis (16/4) tersebut, rata-rata bunga kredit konsumsi akan turun 6 bps menjadi 11,17% dan bunga kredit investasi turun 5 bps menjadi 11,22%. Sementara rata-rata kredit konsumsi hanya akan turun 1 bps menjadi 12,93%.

"Pada jenis bunga kredit konsumsi, kredit kendaraan bermotor turun 6 bps, KPR dan multiguna turun masing-masing 9 bps dan 8 bps," tulis BI.

Rata-rata bunga KPR diperkirakan sebesar 10,98%, KKB sebesar 10,94%, kartu kredit sebesar 25,64%, dan kredit multiguna sebesar 12,27%. Sementara rata-rata kredit bunga kredit tanpa agunan diperkirakan akan meningkat pada kuartal II.

Penurunan bunga kredit pada kuartal II terjadi seiring penurunan rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh bank atas dana nasabah yang ditempatkan atau cost of fund dalam rupiah yang diperkirakan turun 8 bps dari kuartal sebelumnya menjadi 5,46%.

(Baca: Kebijakan Penyaluran Kredit Bakal Lebih Longgar pada Kuartal II)

Biaya dana yang ditempatkan oleh perbankan untuk memperoleh pendapatan atau Cost of Loanable Fund dalam rupiah juga diperkirakan turun 20 bps menjadi 8,44%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...