Kasus Corona Bertambah, Kebutuhan APD Melonjak 10.000 Potong per Hari

Image title
17 April 2020, 09:04
Kasus Corona Bertambah, Kebutuhan APD Melonjak Jadi 10.000/Hari.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Pekerja membuat kostum Alat Pelindung Diri (APD) di PT Kasih Karunia Sejati , Bandulan, Malang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengarakan kebutuhan APD di Jakarta naik dua kali lipat mencapai 10.000 potong per hari.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, kebutuhan alat pelindung diri (APD) di Ibu Kota mencapai 10.000 potong per hari. Kebutuhan APD meningkat dua lipat seiring dengan bertambahnya kasus virus corona.

Anies mengatakan, pada minggu lalu, kebutuhan APD Jakarta masih sekitar 5.000 per hari. Namun saat ini, kebutuhan APD meningkat menjadi 10.000 per hari.

Kebutuhan alat ini meningkat pesat karena tingginya aktivitas tim puskesmas dan laboratorium. Selain itu, APD juga dibutuhkan kegiatan petugas pemakaman dan petugas ambulans.

(Baca: Pasien Corona Melonjak, Anies Sebut Jakarta Kekurangan 170 Ventilator)

"Jadi secara umum memang kebutuhan APD terpenuhi, namun kebutuhan juga meningkat signifikan. Ke depan, kita harus bersiap kebutuhan lebih tinggi dibanding sekarang," katanya dalam rapat bersama Timwas Penanggulangan Covid-19 DPR RI di Jakarta, Kamis (16/4).

Menurut dia, para petugas yang melakukan kontak langsung dengan masyarakat yang terindikasi atau positif terinfeksi virus corona berisiko tertular sangat besar. Oleh karena itu, pemerintah sudah seharusnya menjamin keselamatan mereka dengan menyediakan APD yang memadai.

Tak hanya itu, untuk mencegah risiko penularan dari petugas medis pemerintah juga telah menyiapkan fasilitas berupa hotel dan alat transportasi sehingga mereka tidak melakukan kontak fisik atau interaksi sosial dengan banyak orang.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...