Kuliner Buka Puasa Favorit di Aplikasi Pesan Antar

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 April 2020, 12:07
Bebek Kaleyo
Instagram/@bebekkaleyo76

Ramadan adalah bulan khusus bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa setiap hari. Jelang adzan maghrib, biasanya masyarakat sibuk menyiapkan beraneka santapan untuk berbuka puasa. Mengingat sekarang sedang pandemi virus korona maka berbuka puasa sangat dianjurkan di rumah saja.

Bagi sebagian masyarakat, buka puasa di rumah tidak selalu diisi dengan kesibukan memasak sendiri. Ada layanan pemesanan makanan berbasis aplikasi ponsel. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tren pesan antar ini mampu mendongkrak penjualan makanan di restoran sebesar 5,74 persen pada 2018 (year on year). Angka ini meningkat dibandingkan dengan 2017 sebesar 5,43 persen (yoy).

Tren layanan pesan antar makanan secara daring membuat masyarakat tetap bisa berwisata kuliner dari rumah selama pandemi virus korona. Pilihannya berlimpah. Bagaimana tidak, merchant kuliner GoFood saja jumlahnya mencapai 500.000 pada 2019, atau naik 17 kali lipat dari tahun sebelumnya sebanyak 125.000 merchant. Sementara GrabFood punya sekitar 200.000 mitra, dengan total menu yang tersedia mencapai 16 juta.

Spesifik tentang menu, di dalam layanan GoFood, misalnya, ada lima jenis makanan yang terbanyak dipesan pengguna aplikasi Gojek sepanjang 2018. Terlaris adalah menu paket ayam, disusul aneka nasi, aneka mi, gorengan, dan martabak. Tren serupa terjadi pada tahun lalu.

Merujuk kepada informasi di atas, berikut ini lima opsi menu yang bisa kamu pesan untuk berbuka puasa via aplikasi pesan antar.

1.  Aneka masakan bebek

Ada banyak masakan berbahan utama daging bebek, seperti yang dijalankan restoran Bebek Kaleyo. Berdiri sejak 2007, kini Bebek Kaleyo memiliki 17 gerai di wilayah Jabodetabek yang seluruhnya bisa diakses melalui aplikasi ponsel. Menu andalan di restoran ini adalah daging bebek muda yang empuk nan gurih, disajikan dengan beberapa pilihan sambal. Harganya cukup terjangkau Rp 30.000 - Rp 50.000 per porsi.

2. Pisang goreng madu

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...