4 Operator Telekomunikasi Ramal Trafik Data Selama Ramadan Naik 20%

Cindy Mutia Annur
23 April 2020, 08:07
4 Operator Telekomunikasi Ramal Kenaikan Trafik Data di Ramadan 20%.
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Teknisi melakukan perawatan menara BTS 4G milik XL Axiata yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (15/11/2019). Empat operator proyeksikan trafik data perusahaan naik 20% selama ramadan dan lebaran 2020.

Empat operator telekomunikasi memprediksi layanan trafik data internet selama Ramadan dan Lebaran 2020 naik hingga 20%. Salah satu layanan yang diprediksi paling banyak digunakan yakni streaming video seiring dengan banyaknya masyarakat yang tinggal di rumah akibat pembatasan sosial (social distancing). 

Plt Chief Techology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, meskipun ada larangan mudik lebaran, perusahaan memperkirakan kenaikan trafik data akan tetap terjadi selama periode tersebut.

"Perkiraan kami akan meningkat sekitar 15%-20%," ujar I Gede dalam video conference, Rabu (22/4). 

(Baca: Trafik Internet Naik 20% pada Masa Corona, Operator Kucurkan Rp 1,9 T)

Ia menyebut, beberapa layanan yang diprediksi bakal melonjak yakni aplikasi video conference dan video call seperti Skype, Google Hangouts, Zoom, dan WhatsApp Video Call. 

Sedangkan, layanan telepon menurutnya hanya menyumbang sekitar 5% dan layanan SMS trafiknya relatif  stabil. Berdasarkan data trafik Lebaran perusahaan tahun lalu, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Lombok.

Operator Telkomsel pun berpendapat senada. Director of Sales Telkomsel Ririn Widaryani pun memprediksi adanya lonjakan trafik data.

"Kami memprediksi selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini akan terjadi lonjakan trafik sekitar 20%," ujar Ririn saat video conference, Selasa (21/4).

Demikian pula halnya dengan operator Smartfren. Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, perusahaan memprediksi kenaikan trafik data akan tetap besar, kendati tidak ada mudik lebaran.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...