Indonesia Dapat Pinjaman Rp 23 T dari ADB untuk Penanganan Corona

Agatha Olivia Victoria
23 April 2020, 17:56
ADB, pinjaman, pandemi corona, virus corona
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. ADB memiliki paket bantuan US$ 20 miliar bagi negara-negara berkembang untuk menangani pandemi virus corona.

Bank Pembangunan Asia atau ADB menyetujui pinjaman sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23 triliun kepada Indonesia untuk membantu menanggulangi dampak virus corona.

Presiden ADB Masatsugu Asakawa mengatakan Covid-19 menimbulkan dampak yang cukup berat bagi  aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi di Indonesia. “Dukungan anggaran ADB akan membantu pemerintah mengatasi tantangan Covid-19 dengan fokus kuat pada kelompok miskin dan rentan, termasuk perempuan," tulis Masatsugu dalam keterangan resminya, Manila, Kamis (23/4).

Advertisement

Program Covid-19 Active Response and Expenditure Support atau CARS ADB akan mendukung paket stimulus pemerintah yang ditujukan guna memperluas program bantuan sosial, meningkatkan sumber daya pencegahan dan pengendalian COVID-19, serta melindungi sektor produktif dan para pekerja dari kemerosotan perekonomian.

Fasilitas ini merupakan bagian dari paket US$ 20 miliar yang telah disetujui ADB pada tanggal 13 April kepada negara-negara berkembang.

(Baca: IMF Siapkan Bantuan Likuiditas Jangka Pendek Hadapi Gejolak Corona)

Program CARES akan dilaksanakan melalui kerangka pendekatan negara. Fokusnya yakni dialog kebijakan serta pemantauan strategi dan langkah kontrasiklus pemerintah.

Kerangka tersebut akan melibatkan sektor swasta, organisasi kemasyarakatan, dan entitas yang berfokus pada analisis mahadata untuk memberi solusi inovatif agar dapat mengatasi krisis Covid-19. Selain itu, kerangka pendekatan akan didukung oleh hibah bantuan teknis.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement