IMF Siapkan Bantuan Likuiditas Jangka Pendek Hadapi Gejolak Corona

Agatha Olivia Victoria
23 April 2020, 17:24
IMF, bantuan imf, pinjaman IMF, likuditas jangka pendek, bantuan likuiditas jangka pendek, resesi ekonomi
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi. Pandemi virus corona menyebabkan kondisi likuiditas global sangat ketat seiring terjadinya aliran keluar portofolio, terutama dari pasar negara-negara berkembang.

Dana Moneter Internasional atau IMF menyediakan fasilitas bantuan likuiditas jangka pendek bagi negara-negara yang terdampak gejolak keuangan akibat pandemi virus corona. Fasilitas ini disebut dapat membantu negara yang membutuhkan untuk mengatasi kebutuhan likuiditas sebelum masalah yang dihadapi menjadi lebih besar.

Wakil Direktur Pelaksana IMF Geoffrey Okomoto menjelaskan, pandemi Covid-19 telah mengangu ekonomi global di seluruh tingkatan. Kondisi likuiditas global sangat ketat seiring terjadinya aliran keluar portofolio, terutama dari pasar negara-negara berkembang.

"Ini telah menciptakan permintaan yang besar untuk likuiditas dolar AS, terutama dengan pasar negara berkembang menghadapi kekurangan likuiditas," ujar Okomoto dikutip dari laman resmi IMF, Kamis (23/4).

Adapun instrumen baru IMF akan memberikan likuiditas tambahan kepada negara-negara yang tak memperoleh kerja sama dengan repo line yang ditawarkan oleh The Federal Reserve atau bank sentral negara-negara lain.

(Baca: Mewaspadai Ancaman Krisis Ekonomi Panjang Imbas Pandemi Corona)

Sebelumnya, IMF menyebut separuh dari total negara di dunia telah meminta bantuan pinjaman darurat untuk mengatasi krisis finansial pandemi virus corona.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...