Alibaba Kucurkan Rp 462 Miliar, Bantu UKM Atasi Krisis Corona

Cindy Mutia Annur
24 April 2020, 08:25
Alibaba Kucurkan Rp 462 Miliar Bantu UKM Atasi Krisis Corona
Instagram/@alibaba.group
Ilustrasi kantor Alibaba

Alibaba melalui lini usaha di bidang komputasi awan, Alibaba Cloud menggelontorkan dana US$ 30 juta atau sekitar Rp 462 miliar untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) yang terdampak pandemi corona, termasuk di Indonesia. Bentuk bantuan berupa adopsi teknologi cloud

President of International Business Alibaba Cloud Intelligence Selina Yuan mengatakan, virus corona mengakibatkan munculnya tantangan baru. Utamanya, UKM yang sering kali dihadapkan pada kendala keuangan dan akses teknologi yang terbatas. 

Advertisement

Karena itu, perusahaan teknologi asal Tiongkok ini memberikan bantuan dalam bentuk adopsi cloud. "Progam ini terbuka bagi UKM yang telah maupun belum menggunakan Alibaba Cloud,” kata Yuan dalam siaran pers, kemarin (23/4). “Ini dapat membantu menjaga kelangsungan bisnis mereka di masa dan pasca-pandemi.”

(Baca: Bisnis Naik Saat Corona, Alibaba Investasi Rp 435 T Kembangkan Cloud)

Program tersebut dibuka sejak kemarin (23/4) hingga 22 Juni. Pelaku UKM yang belum menggunakan Alibaba Cloud, dapat mengajukan diri untuk mengadopsi portofolio solusi teknologi yang terdiri dari paket dukungan dengan 12 produk utama.

Paket itu di antaranya Elastic Compute Service (ECS) yang mendukung aplikasi cloud dengan latensi rendah dan Object Storage Service (OSS) layanan terenkripsi untuk penyimpanan data. Lalu, ada Cloud Academy Course untuk pelatihan yang mencakup semua dasar-dasar Alibaba Cloud.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement