Polisi Sekat Lokasi di Jabodetabek Demi Cegah Mudik, Ini Daftarnya

Ameidyo Daud Nasution
24 April 2020, 20:39
virus corona, mudik, psbb
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.
Sejumlah kendaraan di jalan tol Jakarta - Cikampek arah Jakarta di Karawang, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Polisi menetapkan sejumlah titik yang akan disekat di Jabodetabek demi efektivitas larangan mudik.

Pemerintah telah menerapkan aturan pelarangan mudik untuk memutus rantai penularan virus corona Covid-19 yang dimulai hari Jumat (24/4). Larangan mudik ini berlaku di semua wilayah yang menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), termasuk Jabodetabek.

Total, lebih dari 13 titik di Jabodetabek disekat kepolisian agar pemudik tak bisa melanjutkan perjalanan. Nantinya aparat akan menyampaikan kepada para pemudik bahwa mereka harus kembali ke titik asal perjalanan.

“Akan kami sampaikan secara humanis, mereka tidak bisa pergi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada Katadata.co.id, Kamis (23/4).

(Baca: Poin Penting Pembatasan Kendaraan dalam Permenhub Larangan Mudik)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan skema ini akan diterapkan dengan ketat untuk seluruh kendaraan pribadi. Jika nantinya masih ditemui ada pemudik yang nekat pulang kampung maka tidak dibolehkan melanjutkan perjalanan.

"Dari luar ke Jabodetabek tidak boleh (masuk), dari Jabodetabek tidak boleh keluar,” kata Budi, Kamis (23/4)

Dari data Korps Lalu Lintas Polri, berikut beberapa penyekatan yang dilakukan aparat di sekitar Jabodetabek:

1. Simpang Susun Tol Cawang

Penyekatan dilakukan petugas di seluruh arus yang menuju Tol Jakarta Cikampek, baik dari arah Tol Dalam Kota maupun Tol Wiyoto Wiyono.

2. Simpang Susun Tol Cikunir

Penyekatan dilakukan pada Tol Jakarta-Cikampek km 10. Selain itu titik yang disekat adalah  arus Tol Lingkar luar dari arah Pondok Indah dan Rorotan menuju Tol Cikampek.

3. Bekasi Barat

Pembatasan dilakukan dengan menyekat Tol Jakarta-Cikampek. Kendaraan dari arah Jakarta akan dialihkan keluar ke Gerbang Tol Bekasi Barat. Sedangkan arus masuk tol Cikampek dari Jl Jend Ahmad Yani juga ditutup.

4. Tol Jagorawi

Penyekatan dilakukan bagi pengendara yang masuk dari Tol Lingkar Luar menuju Bogor. Begitu pula dengan pengendara dari arah Cawang menuju Bogor akan dialihkan menuju Tol Cinere-Jagorawi. Selain itu penyekatan dilakukan di Gerbang Tol Gunung Putri, Sentul Utara, dan Ciawi.

5. Simpang Susun Tomang

Penyekatan dilakukan pada arus dari Tol Dalam Kota menuju Tol Jakarta-Merak.

6. Cakung

Penyekatan dilakukan di simpang Cakung-Cilincing, tepatya di lampu merah kolong tol Cakung. Di lokasi ini, seluruh kendaraan mengarah Bekasi akan diputar lagi menuju Jl Perintis Kemerdekaan atau Pulo Gebang.

7. Kalideres

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...