Ringankan Beban Nasabah, Pegadaian akan Beri Bunga 0%

Image title
27 April 2020, 11:11
Ilustrasi, petugas PT Pegadaian melayani nasabah. Di tengah pandemi Covid-19, Pegadaian akan meluncurkan program Gadai Peduli berupa pengenaan bunga 0% dan penundaan jatuh tempo lelang.
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi, petugas PT Pegadaian melayani nasabah. Di tengah pandemi Covid-19, Pegadaian akan meluncurkan program Gadai Peduli berupa pengenaan bunga 0% dan penundaan jatuh tempo lelang.

Setelah meluncurkan program keringanan atau relaksasi kredit, PT Pegadaian akan meluncurkan program untuk meringankan beban nasabah di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Dalam siaran pers, Senin (27/4), Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan, perusahaan akan meluncurkan program yang dinamakan Gadai Peduli. Program ini terdiri dari dua, yakni pengenaan bunga 0% dan keringanan berupa penundaan jatuh tempo lelang.

Melalui program Gadai Peduli, Pegadaian akan menetapkan bunga 0% untuk produk gadai konvensional dan syariah. Artinya, melalui program ini, nasabah Pegadaian bisa mengajukan pembiayaan melalui sistem gadai tanpa dibebani bunga, hanya pinjaman pokok saja.

Namun, syarat untuk bisa memanfaatkan program ini adalah pinjaman di bawah Rp 1 juta. Program bunga 0% ini efektif akan berlaku mulai 1 Mei hingga 31 Juli 2020.

Targetnya, Pegadaian mampu menarik 1,5 juta nasabah baru melalui produk ini selama pandemi Covid-19.

"Jadi program ini bisa memberi keringanan bagi 5 juta nasabah, dari 3,5 juta nasabah eksisting dan tambahan 1,5 juta nasabah," kata Kuswiyoto, dalam siaran pers, Senin (27/4).

Selain pinjaman di bawah Rp 1 juta, program Gadai Peduli juga memiliki persyaratan lain, yakni dalam satu Kartu Keluarga (KK) tidak boleh lebih dari satu nasabah penerima. Meski demikian, untuk pembuktiannya nasabah tidak perlu membawa KK saat menggadai, sebab sistem Pegadaian akan mengecek secara otomatis.

(Baca: Pegadaian Longgarkan Kewajiban Nasabah untuk Atasi Dampak Corona)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...