Targetkan Corona Mereda Juni, Pemerintah Pacu Tes Massal hingga Mei

Dimas Jarot Bayu
27 April 2020, 16:36
virus corona, covid 19, penyebaran corona, tes massal
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Seorang dokter menunjukkan alat tes swab virus Corona berupa Polymerase Chain Reaction diagnostic kit (PCR) di Laboratorium Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). Alat tersebut nantinya dapat melakukan tes virus corona hingga 1.300 sampel tiap harinya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menargetkan tingkat penyebaran virus corona di Indonesia turun pada Juni 2020. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan melakukan tes corona secara masif pada April-Mei 2020.

"Sehingga pada Juli diharapkan kita sudah bisa mulai mengawali hidup normal kembali," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo melalui video conference, Senin (27/4).

Advertisement

Doni menjelaskan, setelah tes masif corona, pemerintah akan menindaklanjutinya dengan pelacakan kontak kasus positif corona secara agresif. Kemudian, pemerintah akan melakukan isolasi para pasien yang telah terkonfirmasi positif corona secara ketat.

"Bapak Presiden (Joko Widodo) minta kita semua untuk bisa kerja lebih keras lagi dan juga mengajak masyarakat agar lebih patuh, lebih disiplin, dan juga aparat bisa lebih tegas," kata Doni.

(Baca: Penambahan Kasus Positif Corona di Jakarta Melambat Berkat Aturan PSBB)

Dia juga mengatakan bahwa imbauan pencegahan corona kepada masyarakat juga harus diintensifkan. Menurutnya, imbauan tersebut perlu disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement