Eropa Perlonggar Lockdown, WHO Ingatkan Pandemi Corona Belum Selesai

Image title
28 April 2020, 10:10
WHO, covid-19, pandemi corona, virus corona
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengumumkan penetapan darurat kesehatan global atas wabah virus corona, di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1/2020). WHO mengingatkan bahwa kasus virus corona masih jauh dari selesai.

Organsisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengingatkan pandemi corona masih belum usai. Peringatan tersebut disampaikan karena kebijakan negara-negara di Eropa yang memperlonggar karantina wilayah (lockdown).

Kasus baru Covid-19 di Eropa memang menurun. Namun, WHO meminta seluruh negara tetap mencari, isolasi, tes, dan merawat semua pasien untuk melanjutkan penurunan kasus Covid-19.

"Pandemi jauh dari selesai. WHO terus memperhatikan peningkatan kasus di Afrika, Timur Eropa, Amerika Latin, dan beberapa negara di Asia," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dari keterangan resmi pada Senin (27/4) malam.

Menurut dia, banyak negara yang tidak melaporkan jumlah kasus dan kematian karena kurangnya kapasitas pengujian virus corona. Oleh karena itu, WHO akan terus mendukung negara-negara tersebut.

Pada pekan lalu, WHO telah mengirimkan suplai ke lebih dari 40 negara di Afrika. Secara global, WHO telah mengirimkan jutaan barang berupa alat pelindung diri ke 105 negara dan suplai laboratorium untuk lebih dari 127 negara.

WHO akan terus menyalurkan bantuan kepada negara-negara yang membutuhkan peralatan untuk menangani pandemi corona."Kita menghadapi jalan yang panjang, dan banyak hal yang harus dikerjakan. WHO komitmen untuk melakukan apapun demi mendukung semua negara," ujar Tedros.

(Baca: Kasus Corona di AS Tembus 1 Juta, Beberapa Negara Bagian Buka Lockdown)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...