Indonesia Pasti Bisa Galang Rp 10 M untuk Produksi Alat Tes Covid-19

Fahmi Ahmad Burhan
28 April 2020, 11:45
alat tes pcr, covid-19, BPPT, donasi covid-19, east venture, gerakan indonesia pasti bisa
Gerakan Indonesia Pasti Bisa
Gerakan Indonesia Pasti Bisa berhasil menggalang dana hingga Rp 10 miliar untuk penanganan virus corona.

Gerakan Indonesia Pasti Bisa yang didukung oleh donatur seperti perusahaan modal ventura East Ventures, Tokopedia, hingga CEO Bytedance Zhang Yiming berhasil menggalang dana hingga Rp 10 miliar. Dana akan digunakan untuk pengembangan alat tes covid-19.

Dana terkumpul selama empat pekan setelah penggalangan pertama dimulai. Total sudah ada lebih dari 2.000 individu dan korporasi, baik dari dalam maupun luar negeri ikut berpartisipasi sebagai donatur.

Beberapa donatur lokal datang dari perusahaan modal ventura seperti East Ventures dan AC Ventures. Ada juga beberapa perusahaan digital seperti Tokopedia, Sociolla, Waresix, hingga Traveloka.

Donasi pun datang dari komunitas internasional, seperti Pavilion Capital, Adams Street Partners, hingga CEO ByteDance yang merupakan perusahaan pengembang aplikasi TikTok, Zhang Yiming.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, donasi yang datang dari komunitas internasional merupakan bentuk dukungan gerakan lintas negara dalam menangani Covid-19. Begitu pula dengan terlibatnya banyak perusahaan startup.
 
"Perusahaan startup terlibat dalam penggalangan dana merupakan bukti semangat gotong royong dalam menanggulangi covid-19," kata Wilson dalam siaran pers pada Senin (27/4). 

(Baca: Bertambah 214 Kasus, Positif Virus Corona di RI Tembus 9.000 Orang)

Sejak penggalangan pertama, donatur menyalurkan donasinya melalui aplikasi KoinWorks, Komunal, StockBit, dan situs web indonesiapastibisa.com. Penggunaan dan pengelolaan dana juga diaudit oleh PwC.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...