PSBB Efektif, Pakar Prediksi Corona di Jakarta Mereda Jelang Lebaran

Dimas Jarot Bayu
28 April 2020, 15:32
psbb, jakarta, virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Jalan Sudirman - Thamrin tampak lenggang saat Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), Senin (13/4/2020). Jumlah kasus positif Covid-19 di jakarta terus menurun sejak 21 April 2020.

Jumlah kasus positif virus corona Covid-19 di DKI Jakarta semakin menurun dalam beberapa hari belakangan. Hal ini mulai memunculkan optimisme bahwa penyebaran corona di Ibu Kota mulai memasuki fase akhir.

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dr Pandu Riono mengatakan melambatnya kasus baru Covid-19 seiring Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berjalan efektif. Pandu mengatakan dengan kondisi ini, ada kemungkinan kasus corona di Jakarta mulai menurun jelang lebaran.

“DKI potensial lebih cepat karena kepatuhannya PSBB sudah mencapai 60%. Artinya sudah tidak banyak pelanggaran,” kata Pandu kepada Katadata.co.id, Senin (28/4).

(Baca: Tiga Fakta di Balik Tren Melambatnya Kasus Positif Corona di Jakarta)

Bahkan dia membuka kans penurunan kasus Covid-19 di Ibu Kota bisa terjadi pertengahan Ramadan atau kurang dari dua pekan lagi. Namun hal tersebut baru bisa terjadi jika kepatuhan PSBB ditingkatkan menjadi 80%. “Dan tergantung jumlah pemeriksaannya. Kalau banyak, dia bisa slowdown,” kata Pandu.

Prediksi ini tentu saja lebih cepat dari target turunnya tingkat penyebaran Covid-19 secara nasional. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan tingkat penyebaran covid-19 baru akan menurun bulan Juni dan RI akan kembali normal pada Juli. Doni juga mengatakan PSBB di Jakarta berjalan baik dan dipatuhi masyarakat sehingga mampu memperlambat penyebaran pandemi. 

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga Senin (27/4), total kasus positif corona di Jakarta sebanyak 3.832 orang. Dari jumlah tersebut, 1.950 penderita corona masih dirawat di rumah sakit dan 1.196 orang melakukan isolasi mandiri.

Sebanyak 338 penderita corona di Jakarta sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan, ada 375 penderita corona yang dinyatakan meninggal dunia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...