Sempat Dikabarkan Meninggal, Trump Harap Kim Jong Un Baik-Baik Saja

Image title
28 April 2020, 11:02
amerika serikat, trump, kim jong un
Kevin Lim / The Straits Times / Anadolu
Ilustrasi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dalam acara KTT AS-Korea Utara, di Hotel Capella di Pulau Sentosa di Singapura pada 12 Juni, 2018.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dia mengetahui kondisi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Dia pun berharap Kim dalam kondisi baik.

Trump menyampaikan hal itu setelah beredar spekulasi mengenai kesehatan Kim. Pemimpin Korea Utara itu disinyalir telah menjalani operasi jantung beberapa waktu lalu.

"Saya tidak bisa mengatakannya dengan jelas. Saya tahu, tapi tidak bisa membicarakannya sekarang. Saya berharap dia baik-baik saja," kata Trump di Gedung Putih seperti dilansir dari Reuters pada Selasa (28/4).

Daily NK, website yang berbasis di Seoul, menyatakan Kim tengah memulihkan kesehatan setelah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April 2020. Namun, Reuters tidak dapat mengonfirmasi hal tersebut.

Sebuah kereta khusus yang kemungkinan dimiliki Kim terlihat di kota peristirahatan Wonsan, Korea utara, pada pekan lalu. Kereta tersebut terlihat dari gambat satelit yang ditinjau oleh 38 North, proyek pemantau Korea Utara yang berbasis di Washington.

Trump pun menyebut misteri kondisi kesehatan Kim akan terungkap dalam waktu dekat."Kita akan lihat, kamu mungkin bakal mendengarnya segera," kata dia.

(Baca: Dua Minggu Tidak Terlihat, Kim Jong-Un Dirumorkan Meninggal Dunia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...