Dua Minggu Tidak Terlihat, Kim Jong-Un Dirumorkan Meninggal Dunia

Image title
26 April 2020, 11:36
Ilustrasi, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Setelah dua minggu tidak terlihat di hadapan publik serta absen dari dua acara besar kenegaraan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dirumorkan meninggal dunia.
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA
Ilustrasi, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Setelah dua minggu tidak terlihat di hadapan publik serta absen dari dua acara besar kenegaraan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dirumorkan meninggal dunia.

Spekulasi kematian pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un kembali merebak, setelah intelijen Amerika Serikat (AS) melaporkan adanya pengiriman tim medis dari Tiongkok ke Korea Utara.

Mengutip The Sun, Minggu (26/4), spekulasi mengenai kematian Kim Jong-Un mencuat setelah pemimpin berusia 36 tahun tersebut tidak terlihat di depan publik selama dua minggu.

Wartawan Tiongkok Shijian Xingzou bahkan mengatakan, seorang sumber di dalam pemerintahan Korea Utara memberitahunya bahwa, Kim Jong Un telah meninggal dunia. Penyebab meninggalnya Kim Jong Un diduga karena kesalahan operasi jantung.

Rumor lain yang beredar, Kim Jong Un berada dalam kondisi koma setelah menjalani operasi jantung. Terakhir ia terlihat di hadapan publik adalah, saat menghadiri pertemuan Partai Buruh 11 April 2020 lalu dan kemudian menjalani operasi jantung sehari setelahnya, 12 April 2020.

Keberadaan Kim Jong Un saat ini diduga berada di rumah peristirahatannya di Wonsan. Dugaan ini didasarkan pada citra satelit AS, yang memperlihatkan kereta pribadi pemimpin Korea Utara tersebut berada di stasiun yang dikhususkan untuk keluarga Kim Jong Un.

Mengutip The Guardian, Minggu (26/4), meski tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi di Korea Utara, namun yang jelas intelijen AS tidak melihat aktivitas yang tidak biasa terkait militer Korea Utara. Hal inilah yang menjadi dasar Presiden AS Donald J. Trump yang mengatakan, laporan Kim Jong-Un meninggal atau sakit keras tidak akurat.

Meski demikian, menghilangnya Kim Jong-Un dari hadapan publik tetap dipandang sejumlah kalangan sebagai aktivitas yang tidak wajar. Pasalnya, pria berusia 36 tahun tersebut melewatkan perayaan ulang tahun kakeknya Kim Il-Sung pada 15 April, serta perayaan berdirinya militer Korea Utara Sabtu (25/4).

(Baca: Simpang Siur Kabar Kim Jong Un Sakit Kardiovaskular, Apa Itu? )

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...