Facebook & Instagram Bakal Gelar Wisuda Virtual bagi Siswa AS

Cindy Mutia Annur
29 April 2020, 11:44
facebook, instagram, wisuda virtual, pandemi corona
Katadata
Ilustrasi. Wisuda virtual akan ditayangkan pada Facebook Watch dan akun @instagram di Instagram.

Facebook dan Instagram bakal menggelar wisuda virtual bagi lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi di Amerika Serikat. Selebrasi yang digelar pada Jumat (5/5) ini akan menghadirkan pembawa acara Oprah Winfrey hingga penyanyi Miley Cyrus.

Wisuda virtual ini akan menyebutkan nama, negara bagian sekolah menengah, dan perguruan tinggi di AS yang berpartisipasi. Foto dan video para wisudawan hingga pesan dari para dekan dan kepala sekolah juga akan ditampilkan. Selain tersedia di Facebook Watch, video selebrasi juga bakal diunggah ke akun @instagram di Instagram dan di akun media sosial kontributor.

VP of Global Partnerships Business and Corporate Development Marne Levine mengatakan, pandemi ini adalah waktu yang pahit untuk para wisudawan angkatan 2020. Ketika para siswa dan mahasiswa tersebut berhasil lulus, mereka tidak dapat menjalani prosesi wisuda dan menggelar pesta.
 
"Tetapi lulus adalah prestasi yang luar biasa, dan kita patut berhenti sejenak untuk merayakannya bahkan dalam situasi seperti ini. Itu sebabnya Facebook telah merencanakan acara khusus di aplikasi Facebook dan Instagram," ujar Marne dikutip dari laman blognya, Selasa (28/4).

(Baca: Tiktok Buat Stiker Khusus Donasi untuk Pandemi Corona)

Marne melanjutkan, lulusan juga dapat menyelenggarakan selebrasi wisuda virtual dan pesta mereka sendiri melalui Facebook dengan berbagai fitur khusus. 

Selain itu, menurut dia, pada Senin (11/5) mendatang @instagram akan memulai program harian yang menyoroti pengalaman para senior atau wisudawan yang ikonik. Instagram juga akan meluncurkan alat dan fitur kreatif baru, termasuk stiker  kelulusan, efek Augmented Reality (AR) baru, dan halaman tagar khusus untuk #Graduation2020.

(Baca: Covid-19 Meluas, Universitas Mercu Buana Tunda Wisuda 2.500 Mahasiswa)

Tak hanya Oprah Winfrey, beberapa artis lainnya juga bakal memberikan pidato. Seperti Awkwafina, Jennifer Garner, Lil Nas X, Simone Biles, dan masih banyak lagi.
 
Dikutip dari TechCrunch, Selasa (28/4), media online Her Campus juga mengadakan acara serupa pada 15 Mei mendatang melalui program 'I'm Still Graduating'. Selebrasi virtual ini bakal menampilkan sejumlah artis seperti Eva Longoria, Radhika Jones, Margaret Cho, Brooke Baldwin, Liam Payne, Jesse McCartney, Andrew Yang, dan Tamron Hall

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...