Aturan Baru Maskapai di Dunia: Wajib Pakai Masker hingga Baju Hazmat

Sorta Tobing
30 April 2020, 18:51
aturan baru maskapai penerbangan, covid-19, virus corona, pandemi corona, wajib pakai masker di dalam pesawat
123rf
Ilustrasi. Di tengah pandemi corona, maskapai penerbangan melakukan adapatasi, termasuk kewajiban memakai masker untuk seluruh penumpang dan awak kabin.

Kebijakan lockdown (isolasi penuh) mulai melonggar di beberapa negara, maskapai penerbangan pun berusaha beradaptasi untuk melayani penumpang di tengah pandemi corona. Perusahaan di Amerika Serikat akan menerapkan kebijakan seluruh penumpang wajib memakai masker mulai Mei nanti.

Yang pertama mengawalinya adalah American Airlines. Maskapai ini juga akan mulai membagikan tisu pembersih, hand sanitizer, dan masker kepada penumpang mulai awal Mei, melansir dari CNN.

Delta Air Lines juga menerapkan kewajiban memakai masker. Di dalam pesawat tentu sulit menjaga jarak aman setidaknya enam kaki (sekitar 1,8 meter) untuk mencegah penyebaran virus corona. Karena itu, perusahaan menerapkan kebijakan mengosongkan kursi tengah pada pesawatnya.

Tentu saja dampaknya adalah jumlah penumpang per pesawat berkurang. Layanan makanan dan minuman juga menyusut untuk membatasi kontak awak kabin dengan penumpang.

(Baca: Jaga Kinerja saat Pandemi, Garuda Pacu Bisnis Kargo dan Sewa Pesawat)

JetBlue Airways, maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di AS, juga mengharuskan awak kabin dan penumpangnya memakai masker. Jumlah kursi tersedia penerbangan dikurangi dan perusahaan melakukan penyesuaian layanan makanan dan minuman.

“Memakai masker bukan tentang melindungi diri sendiri, tapi orang-orang di sekitar Anda,” kata Chief Operating Officer JetBlue Joanna Geraghty, dikutip dari CNN, Kamis (30/4). “Ini etiket penerbangan yang baru."

Di Asia, Malaysia Airlines telah mewajibkan semua penumpang, tidak termasuk bayi, sejak 23 April 2020. Korean Air menerapkan pemakaian APD, termasuk kacamata, masker, dan sarung tangan, untuk para awak kabinnya.

“Gaun pelindung disediakan pada penerbangan menengah dan panjang karena kasus Covid-19 di luar negeri terus meningkat secara signifikan,” tulis keterangan Korean Air. Semua penumpang wajib memakai masker. Maskapai juga menyediakan masker bedan dan pembersih tangan di bandar udara dan pesawat.

(Baca: Susi Pudjiastuti Minta Pemerintah Tak Sepelekan Bahaya Corona)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...