Trump Sebut Punya Bukti Corona Berasal dari Laboratorium Tiongkok

Image title
1 Mei 2020, 13:09
Trump meyakini virus corona berasal dari laboratorium virologi di Tiongkok.
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/AWW/dj
Leah Millis Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendengarkan saat rapat dengan eksekutif bidang kesehatan di Cabinet Room Gedung Putih, di Washington, Amerika Serikat, Selasa (14/4/2020). Trump meyakini virus corona berasal dari laboratorium virologi di Tiongkok.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meyakini virus corona mungkin berasal dari sebuah laboratorium virologi Tiongkok.  Namun  ia menolak menjelaskan buktinya.

Pernyataan ini disampaikan Trump saat konferensi pers di Gedung Putih, kemarin (30/4) seperti dilansir Reuters. Ketika ditanya apakah ia telah melihat langsung bukti laboratorium virologi Tiongkok itu, Trump menyatakan "ya, ya, sudah."

"Saya tidak bisa mengatakannya kepada Anda. Saya tidak diperbolehkan memberitahu Anda soal itu," imbuhnya.  

Tak pelak pernyataan Trump meningkatkan ketegangan dengan Beijing mengenai asal mula virus covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 3 juta jiwa di seluruh dunia.Institut Virologi Wuhan yang mendapat dukungan pemerintah Tiongkok,membantah tuduhan tersebut. 

(Baca: Telepon Donald Trump, Jokowi Minta AS Sumbangkan Ventilator)

Alih-alih mendapat dukungan dari dalam negeri, pejabat AS lainnya justru meremehkan dugaan Trump. Banyak ahli yakin virus tersebut bersumber dari sebuah pasar satwa liar di Wuhan dan menular dari hewan ke manusia.

Presiden Republikan itu memang terlihat semakin frustrasi dalam beberapa pekan belakangan atas pandemi corona yang  telah menelan puluhan ribu nyawa di AS, merusak ekonomi sekaligus mengancam peluangnya menang dalam pilpres November mendatang.  Sebelumnya ia mengatakan pemerintahannya sedang berupaya menentukan apakah virus corona bersumber dari laboratorium Wuhan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...