Pindah ke Brebes, Produsen Sepatu Adidas PHK 1.800 Karyawan

Image title
2 Mei 2020, 16:44
PHK karyawan, relokasi pabrik, adidas, pabrik adidas, adidas phk karyawan
Adidas.com
Ilustrasi sepatu adidas. Pabrik sepatu yang memproduksi sepatu merek Adidas bakal melakukan PHK kepada 18 ribu karyawannya.

Pabrik yang memproduksi merek sepatu Adidas di Indonesia berencana melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap  1.800 karyawan mulai 13 Mei 2020. PHK dilakukan lantaran perusahaan merelokasi pabrik dari Tangerang ke Brebes.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia Firman Bakri mengatakan karyawan yang diputus hubungan kerjanya bernaung dalam bendera PT Shyang Yao Fung. Untuk mengurangi biaya operasional pegawai, perusahaan memilih untuk pindah ke Jawa Tengah.

Advertisement

"Untuk kasus itu, mereka PHK dalam rangka untuk relokasi ke Jawa Tengah. Jadi apa yang kemarin viral itu, pabrik ditutup kemudian mereka buka baru di Kabupaten Brebes dan itu sudah dalam rangka pengembangan perusahaan karena itu terkait dengan kapasitas produksi," kata dia kepada Katadata.co.id, Sabtu (2/5).

(Baca: Jokowi: Stimulus Ekonomi Hanya untuk Perusahaan yang Tak PHK Karyawan)

Menurut dia, rencana tersebut memang telah dipersiapkan sejak tahun lalu untuk mengurangi biaya produksi. Kota dengan upah lebih rendah menjadi salah satu tujuan utama relokasi pabrik.

"Di Brebes kan sudah mulai proses dari tahun kemarin, cuma saya tidak tahu sampai sekarang seberapa banyak produksinya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement