Trump Senang Akhirnya Kim Jong Un Kembali dan Tampil di Publik

Image title
Oleh Ekarina
3 Mei 2020, 09:33
Kim Jong Un Tampil di Publik, Trump: Senang Akhirnya Dia Kembali.
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/AWW/dj
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump merespons kabar kembalinya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, pasca dirumorkan sakit keras.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di depan publik, setelah tak tampak selama tiga pekan dan dirumorkan kritis. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku senang dengan laporan kemunculan Kim Jong Un yang diunggahnya di media sosial twitter.

"Saya, salah satunya senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja,!" ujar Trump lewat akun twitternya, Minggu (3/5).

Setelah marak spekulasi tentang kesehatan Kim, media pemerintah Korea Utara akhirnya mengungkapkan bahwa Kim Jong Un menghadiri penyelesaian pabrik pupuk di utara Pyongyang. Ini merupakan laporan pertama kemunculannya sejak 11 April.

(Baca: Sempat Dirumorkan Meninggal, Kim Jong Un Akhirnya Tampil di Publik)

Dilansir dari CNN, seorang pejabat AS mengatakan berdasarkan analisis intelijen menyebutkan foto yang diterbitkan dalam 24 jam terakhir oleh media pemerintah Korea Utara yang memperlihatkan Kim pada saat pembukaan pabrik pupuk adalah benar.

Penasihat presiden Korea Selatan Moon Chung-in mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara itu "hidup dan sehat" meskipun banyak spekulasi tentang kesehatannya.

Sementara itu, penasihat Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan Kim telah tinggal di daerah Wonsan, di pantai timur negara itu sejak 13 April. "Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...