Jokowi Buka Opsi Geser Cuti Lebaran ke Libur Idul Adha Akhir Juli

Dimas Jarot Bayu
4 Mei 2020, 14:31
Pemerintah Buka Opsi Geser Cuti Lebaran ke Libur Idul Adha pada Juli
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi, kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).

Pemerintah membuka opsi untuk menggeser cuti bersama Idul Fitri 1441 Hijriah menjadi akhir Juli, efek pandemi corona. Rencananya, cuti bersama lebaran akan berdekatan dengan libur Idul Adha.

Opsi tersebut disampaikan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui video conference, hari ini (4/5). Sebelumnya, pemerintah hanya memberikan opsi pergeseran cuti bersama Idul Fitri ke akhir tahun, yakni 28-31 Desember 2020.

"Bapak Presiden meminta dipertimbangkan apakah (pergeseran cuti bersama Idul Fitri) pada waktu Idul Adha di akhir Juli atau tetap akhir tahun," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5).

Jadi tidaknya cuti bersama lebaran digeser ke libur Idul Adha tergantung pada laju kasus positif virus corona di Indonesia. Karena itu, masyarakat diminta untuk disiplin dan tetap di rumah, guna menekan penyebaran pandemi corona.

(Baca: Antisipasi Arus Mudik, Jokowi Berencana Ganti Hari Libur Masa Lebaran)

Semakin disiplin masyarakat mematuhi protokol kesehatan, maka peluang pemerintah menggeser cuti bersama Idul Fitri ke akhir Juli 2020 kian besar. "Ini semuanya tergantung pada kesungguhan kita," kata Doni.

Ia mengklaim laju kasus positif virus corona di Indonesia menurun hingga 11%. Hal ini terjadi setelah status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah diterapkan. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...