Mitra GoFood Nyaris Ditipu, Gojek Imbau Adukan Penipu

Fahmi Ahmad Burhan
5 Mei 2020, 11:21
Mitra GoFood Nyaris Ditipu, Gojek Imbau Adukan Penipu
Gojek
(kiri-kanan) Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita, Co-Owner Ban-Ban Wenny Chen, dan Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo saat acara peluncuran inovasi terbaru GoFood di Jakarta (16/1/2020).

Masyarakat diimbau berbelanja secara online, guna menekan penyebaran pandemi corona. Namun, kondisi ini justru dimanfaatkan beberapa oknum untuk menipu mitra GoFood, Gojek.

Tia mengaku ditelepon oleh seseorang yang mengaku dari Gojek. Padahal, sehari sebelumnya, akun GoBiz-nya baru aktif.

Oknum tersebut menelepon dirinya dua kali pada akhir pekan lalu (30/4) dan kemarin (4/5), dengan nomor ponsel berbeda, salah satunya 0816995377. “Katanya ada pembaruan setting dan perubahan data untuk memudahkan transaksi,” ujar Tia kepada Katadata.co.id, hari ini (5/5).

(Baca: Penipuan Lewat Aplikasi hingga Kode OTP Diprediksi Marak Tahun Ini)

Mitra GoFood diminta memperbarui sistem dengan mendaftar lewat mobile banking atau ATM. “Katanya, ‘nanti ada notifikasi, hanya berlaku hari ini’,” ujar Tia, menirukan pelaku.

Pelaku juga mengancam akan menutup akun GoBiz mitra jika tidak mengikuti instruksinya. Tia curiga, oknum berusaha masuk ke akunnya.

Mitra GoFood lainnya yakni Roketi juga ditelepon untuk memperbarui sistem dengan mendaftarkan nomor rekening dan nomor teleponnya. Padahal, ia baru mendaftar GoBiz sepekan lalu. Untungnya, ia tidak menanggapi imbauan pelaku.

Sekadar informasi, Tia membuka gerai GoFood di Jakarta Utara, sementara Roketi di Jakarta Barat. (Baca: Tangkal Penipuan, Gojek Siapkan Tiga Fitur dan Jaminan Saldo GoPay)

Katadata.co.id lantas mengonfirmasi hal itu kepada Gojek. VP Corporate Affairs Gojek Food Ecosystem Rosel Lavina mengimbau mitra untuk langsung menghubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek di 1500 171 atau [email protected] jika menemukan adanya transaksi atau telepon mencurigakan.

Ia mengimbau pengguna dan mitra untuk menghindari pembayaran di luar aplikasi. Selalu mengamankan data pribadi dan tidak membagikan kode One Time Password (OTP), serta menggunakan PIN.

“Adukan apabila ada hal mencurigakan melalui email resmi dan halaman bantuan di aplikasi Gojek," kata Rosel kepada Katadata.co.id, kemarin (4/5). (Baca: Bos Gojek Curhat 3 Kali Ditelepon Penipu Saat Memesan GoFood)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...