Sri Mulyani Racik Skema Bantuan Usaha untuk Pedagang Bakso

Agatha Olivia Victoria
6 Mei 2020, 21:39
bantuan usaha, pekerja informal, pedagang bakso, program usaha ultra mikro
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyebut tantangan penyaluran bantuan terhadap pekerja sektor informal cukup tinggi, apalagi data yang tersedia belum memadai.

Pemerintah tengah berupaya agar para pedagang sektor informal yang terdampak pandemi virus corona, seperti pedagang bakso dapat memperoleh bantuan usaha. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, hal ini telah dibahas dalam sidang kabinet.

"Kalau pedagang bakso dan lainnya di sektor informal ada dua yang kami usulkan di sidang kabinet," ucap Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat melalui konferensi video di Jakarta, Rabu (6/5).

Advertisement

Rencananya, besaran bantuan usaha akan setara dengan program usaha ultra mikro yang berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 12 juta. Bantuan tersebut diharapkan juga dapat turut meningkatkan inklusi keuangan di dalam negeri. 

"Khusus untuk saat ini mereka akan diberikan pinjaman seperti UMi. Begitu mereka diberikan pinjaman, otomatis pinjaman diberikan restructuring 6 bulan," ujarnya.

(Baca: Sri Mulyani Ungkap Pemprov DKI Tak Punya Dana Lagi untuk Bansos)

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan bahwa presiden dan wakil presiden tampak menyetujui usulan tersebut. Namun, tantangan penyaluran bantuan terhadap pekerja sektor informal cukup tinggi, apalagi data yang tersedia belum memadai. "Karena data mereka sangat sulit. Mereka bergerak kemana-mana," katanya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement