Ilmuwan AS Peringatkan Tak Ada Jaminan Vaksin Ampuh Tangkal Corona

Ameidyo Daud Nasution
13 Mei 2020, 12:51
vaksin corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/wsj/dj
Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Dr. Anthony Fauci di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (17/4/2020). Fauci mengatakan tak ada jaminan vaksin akan efektif menangkal corona

Perlombaan untuk mengembangkan vaksin virus corona Covid-19 sedang dilakukan oleh sejumlah institusi. Namun Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat Dr Anthony Fauci memperingatkan adanya antivirus tak menjamin efektif dalam menangkal corona.

Pernyataan ini disampaikan Fauci dalam sebuah sesi dengar pendapat dengan Kongres AS pada Selasa (12/5). Dia menjelaskan hal tersebut lantaran jenis imunitas dan lamanya kekebalan tubuh yang dihasilkan dari vaksin belum diketahui.

“Jadi salah satu yang tidak diketahui, apakah akan efektif,” kata Fauci dikutip dari CNBC, Rabu (13/5).

(Baca: Daftar 8 Kandidat Utama Vaksin Corona Menurut WHO)

Fauci juga menyampaikan adanya kekhawatiran di kalangan epidemiolog bahwa vaksin bisa saja memperkuat virus. Dia mengatakan di masa lalu sudah ada dua antivirus yang memiliki respons terbalik seperti ini, namun ia tak menjelaskan penyakit yang dimaksud. “Kami ingin memastikan bahwa itu tidak terjadi,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...