The Fed Ramal Resesi Ekonomi akibat Pandemi Corona di AS Bakal Panjang

Agustiyanti
14 Mei 2020, 10:21
The Fed, pandemi corona, virus corona, ekonomi AS
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
Ilustrasi. The Fed menekankan kondisi perekonomian AS akan bergantung pada seberapa baik pandemi corona dikendalikan dan seberapa cepat vaksin dan pengobatan yang efektif ditemukan.


Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve memperingatkan pelemahan ekonomi akibat pandemi virus corona akan memakan periode panjang . The Fed pun menyerukan pemerintah AS untuk meningkatkan stimulus fiskal guna membendung dampak dari wabah ini.

Gubernur The Fed Jerome Powell memberikan ulasan kondisi ekonomi AS saat ini yang tengah mencatatkan rekor pengangguran tertinggi seiring penutupan aktivitas ekonomi untuk menekan penyebaran virus corona.

Pandemi ini telah membunuh lebih dari 82 ribu orang di AS dan banyak model epidemiologi bahkan menunjukkan bahwa jumlah korban jiwa dapat melampaui 100 ribu dalam hitungan minggu.

Powell menekankan kondisi perekonomian AS akan bergantung pada seberapa baik pandemi corona dikendalikan dan seberapa cepat vaksin dan pengobatan yang efektif ditemukan.

"Butuh waktu untuk bisa kembali ke kondisi normal. Saya rasa pemulihan ekonomi akan lebih lambat dari yang kami inginkan. Ini mungkin berarti kita perlu berbuat lebih banyak," ujar Powell dalam wawancara dengan Adam Posen, direktur Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional, dikutip dari Reuters, Kamis (14/5).

(Baca: Rupiah Melemah Tertekan Ramalan Gubernur The Fed soal Ekonomi AS)

Pernyataan Powell ini memberikan konfirimasi terkair risiko krisis ekonomi yang lebih besar akibat pandemi ini.

Bank Sentral AS telah memangkas suku bunga mendekati nol dan membuat jaring program yang luas untuk memastikan pasar keuangan terus berfungsi selama pandemi. The Fed juga telah merumuskan fasilitas pinjaman yang menetapkan preseden untuk perusahaan dan pembelian obligasi korporasi pertama kalinya.

Kongres AS telah menyetujui hampir US$ 3 triliun untuk bantuan ekonomi selama krisis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...