Jubir Covid-19: Penambahan Kasus Corona Mulai Melandai, tapi Meluas

Dimas Jarot Bayu
15 Mei 2020, 17:40
Jubir Covid-19: Penambahan Kasus Corona Mulai Melandai, tapi Meluas
Youtube/BNPBIndonesia
Juru bicara penanganan nasional Covid-19 Achmad Yurianto saat menggelar konferensi video dari kantor BNPB, Minggu (5/4/2020).

Pemerintah mencatat, tren penambahan kasus positif virus corona mulai melandai di beberapa daerah. Namun, pandemi corona meluas ke banyak wilayah di Tanah Air.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 di beberapa kabupaten/kota tidak signifikan. “Tidak terlalu tinggi. Hampir mendatar,” katanya di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (15/5).

Advertisement

Akan tetapi, penyebaran pandemi corona semakin meluas. Artinya, semakin banyak daerah yang mencatatkan kasus positif Covid-19.

Setidaknya ada 383 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia yang terkena dampak corona. "Hampir seluruh kabupaten/kota sudah terimbas," kata Yurianto. 

(Baca: Tambah 285 Orang, Pasien Sembuh Corona Hari Ini Cetak Rekor Terbanyak)

Penyebabnya, karena kontak langsung antara masyarakat dengan pasien positif corona tanpa gejala masih terjadi. Karena itu, Yurianto lagi-lagi mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan virus corona dengan berdiam diri di rumah. 

Selain itu, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Menjaga jarak fisik, menggunakan masker jika terpaksa ke luar rumah, dan menghindari kerumunan. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement