Nabung dari THR adalah 'Normal yang Baru'

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
18 Mei 2020, 09:18
OCBC NISP
dok. OCBC NISP

Lebaran kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, Pemerintah Indonesia telah melarang masyarakat mudik ke kampung halaman yang berlaku sejak 24 April lalu. Sehingga ketika berpikir tentang Tunjangan Hari Raya (THR) di hari Lebaran, yang diprioritaskan saat ini bukanlah pengeluaran untuk pulang kampung melainkan menabung dana darurat dan berinvestasi.

Karena lebih baik ‘sedia payung sebelum hujan’. Banyak hal yang perlu diantisipasi khususnya dari segi keuangan di tengah pandemi Covid-19. Kita belum tahu seberapa lama pandemi Covid-19 dan sampai berapa buruk kondisi perekonomian Indonesia. Agar kita bisa melewati badai ini dengan kondisi keuangan tetap sehat, kita perlu mengelola THR dengan tepat.  

Dulu, orang bersuka cita menyambut Lebaran dan menandaskan THR untuk berbelanja dan wisata tanpa penyesalan. Namun tahun ini kita mesti berpikir lebih panjang. Data Driven Innovation Lab Singapore University of Technology and Design (SUTD) meramal, pandemi Covid-19 di Indonesia baru akan berakhir pada Oktober 2020 nanti. Bak berlari maraton, kita mesti pintar-pintar menjaga stamina dan mengatur napas agar tak ‘kehabisan bensin’ di tengah jalan.

Bersiap dengan dana darurat untuk mengantisipasi kondisi yang serba tak pasti seperti hari ini, menurut creativepreneur Fellexandro Ruby, amat penting agar kita bisa ‘memperpanjang napas’ keuangan dan tak cemas dengan biaya hidup. Kita tak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Yang pasti, pandemi akan berakhir ketika ditemukan obat dan vaksin yang manjur mengatasi Covid-19. Jika membaca berita-berita di luar, hal itu kecil kemungkinan akan terjadi dalam 3-6 bulan ke depan.

Makanya kita mesti menyiapkan dana darurat paling tidak sebesar enam kali gaji bulanan kita. Tapi tentu saja menyiapkan dana darurat enam kali gaji bukan hal gampang dalam kondisi ekonomi sulit sekarang ini. Fellexandro punya tips sederhana agar kita bisa mengumpulkan dana darurat. Pertama, prioritaskan kebutuhan pokok saja. Jangan belanja hal-hal tak penting. Kedua, sebelum alokasikan pengeluaran, sisihkan dulu sebagian gaji dan THR untuk tabungan. Ketiga, aktifkan fitur auto transfer ke rekening tabungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...