Pasar Ramai Jelang Lebaran, Jokowi Minta Protokol Kesehatan Dipatuhi

Rizky Alika
19 Mei 2020, 12:44
Pasar Ramai Jelang Lebaran, Jokowi Minta Protokol Kesehatan Dipatuhi.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Warga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di atas trotoar Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta, Senin (18/5/2020). Jokowi meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat berada di pasar.

Sejumlah pasar tradisional mulai ramai dikunjungi masyarakat menjelang Idul Fitri 1441 H. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di lokasi keramaian tersebut. 

Jokowi meminta para petugas di lapangan untuk mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan secara terus menerus.

"Pasar tradisional sudah mulai ramai dalam rangka belanja persiapan hari raya. Saya ingin ada pengaturan jarak yang baik, pakai masker," katanya saat membuka Rapat Terbatas Persiapan Idulfitri 1441 H, Selasa (19/5).

(Baca: Siap-siap Mal Dibuka Juni, Pengusaha Tunggu Instruksi Pelonggaran PSBB)

Mantan Walikota Solo itu mengingatkan, kunci keberhasilan pengendalian pandemi Covid-19 dengan disiplin mencuci tangan, memakai masker, dan hindari keramaian.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga membahas persiapan lainnya menjelang Lebaran. Menurutnya, pemerintah tidak melarang masyrakat untuk beribadah.

Kementerian Agama mendorong semua umat beragama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah masing-masing. "Yang kami atur peribadatan dilakukan sesuai protokol kesehatan, dan anjuran ibadah di rumah bisa dilakukan bersama-sama," ujar dia.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), PP Muhamadiyah, dan semua organisasi massa (ormas) Islam yang membantu pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...