Prosedur BLT Dipangkas, Verifikasi Data Penerima Tak Melalui Pemda

Rizky Alika
19 Mei 2020, 15:26
jokowi, bantuan sosial, bantuan langsung tunai, bantuan tunai, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.
Ilustrasi. Pemangkasan verifikasi data penerima bantuan tersebut berlaku untuk distribusi BLT putaran pertama.

Presiden Joko Widodo meminta pemangkasan prosedur distribusi bantuan langsung tunai. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah antara lain menghapus kewajiban verifikasi data penerima BLT oleh pemerintah kabupaten/kota..

"Kami sepakati semua data yang dihimpun RT/RW untuk Kementerian Sosial dan Kemeterian Desa tidak diharuskan verfikasi dulu di tingkat kabupaten/kota," kata dia usai mengikuti rapat terbatas Penyederhanaan Prosedur Bansos Tunai dan BLT Dana Desa, Selasa (19/5).

Advertisement

Pemangkasan verifikasi data penerima bantuan tersebut berlaku untuk distribusi BLT putaran pertama. Pemotongan verifikasi data dilakukan agar bantuan dapat segera diterima masyarakat paling lambat pada awal Lebaran. Dengan demikian, daya beli masyarakat bisa kembali meningkat. Ia pun meminta para Bupati dan Walikota untuk memaklumi kebijakan tersebut.

(Baca: Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Hingga September 2020)

Guna mencegah penyalahgunaan data, pemerintah akan meminta penyaluran BLT dikawal oleh Bhabinkamtibnas dan Babinsa. Kedua pihak kemudian akan diminta untuk memastikan data yang dikirim oleh RT/RW di luar dari DTKS.

Selain itu, Bhabinkamtibnas dan Babinsa akan diminta untuk mengawasi BLT tersebut tidak dipotong oleh oknum tertentu sehingga Keluarga Penerima Manfaat menerima BLT secara utuh. "Kami akan kirim surat ke Polri untuk hal tersebut," ujar dia.

Ia menambahkan, masalah pembagian bantuan menjadi sangat rumit bagi Kemendes. INi lantaran perlu penanganan khusus untuk menghimpun data dari desa akibat benturan antara Kemendes dan Kemensos.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement