Bersiap Masuki Fase New Normal, Jokowi Kunjungi MRT dan Mal di Bekasi

Dimas Jarot Bayu
26 Mei 2020, 15:38
jokowi, new normal, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/foc.
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Persiapan memasuki tatanan normal baru atau new normal di tengah pandemi virus corona Covid-19 dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden mengunjungi dua titik yakni Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran HI, Jakarta Pusat dan Mal Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5) untuk mengetahui penerapan prosedur baru di fasilitas publik.

Dalam kunjungannya ke MRT, Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Polisi) Idham Azis, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar. Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mendampingi Presiden saat menyambangi Mal Summarecon.

Jokowi mengatakan tujuannya datang di kedua titik tersebut untuk memastikan kesiapan new normal. Dia juga menjelaskan aparat TNI dan Polri  akan lebih mendisiplinkan masyarakat yang beraktivitas agar mematuhi protokol kesehatan.  "Kami ingin tetap produktif, tapi aman dari Covid-19. Ini yang diinginkan," kata Jokowi di Mal Summarecon Bekasi, Selasa (26/5).

(Baca: Jelang New Normal, 64 Mal di Jakarta Siap Dibuka Mulai 5 Juni)

Aparat TNI dan Polri akan mengawasi pelaksanaan di lapangan, mendisiplinkan masyarakat untuk mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencegah adanya kerumunan. Jokowi mengatakan, upaya pendisiplinan masyarakat ini akan digelar di 1.800 titik di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi mengakui bahwa masih ada aktivitas di mal, walau Bekasi sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020.  Meski demikian, Jokowi tak mempersoalkan adanya kegiatan di pusat perbelanjaan tersebut saat ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...