Tips Memilih Software HR Selama Pandemi Covid-19

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
26 Mei 2020, 12:11
Linov
Katadata

Digitalisasi HR lahir dari berbagai macam kesulitan tim yang dituntut sebagai partner bisnis oleh perusahaan. Terutama saat pandemi Covid-19, kebanyakan organisasi seperti perusahaan dan tim HR akan  sulit beradaptasi untuk menjalankan bisnis akibat pembatasan sosial yang ditetapkan.

 

Advertisement

Dengan jumlah karyawan yang banyak dengan penugasan yang semakin kompleks belum lagi rutinitas tugas administratif, akan lebih sulit bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya tanpa bantuan dari Software HR. Melalui software HR, pengelolaan HR dapat diotomatiskan dengan mengeliminir duplikasi data dan disimpan secara terintegrasi sehingga lebih mudah untuk diakses, diolah dan dianalisis.

 

Software HR memiliki peran penting dalam keberhasilan untuk mengelola sumber daya manusia sehingga penting bagi manajemen untuk memilih software seperti apa yang tepat untuk memfasilitasi kegiatan pengembangan sumber daya manusia. Berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih Software HR di tengah pandemi Covid-19.

Akses dan Keamanan                                                 

Software HR harus dapat diakses di luar kantor, pada waktu kapan saja baik oleh tim HR maupun karyawan. Ini karena pada sistem kerja WFH (Working from Home) sekarang sudah menjadi kebutuhan mutlak dan akan akan menjadi budaya kerja baru pada organisasi di masa depan.

 

Keamanan menjadi aspek yang paling penting karena sistem software berbasis web dan komputasi awan akan menyimpan data informasi karyawan dan perusahaan yang bersifat rahasia. Pengamanan berlapis berupa enkripsi data, kata sandi, kode verifikasi, pembatasan akses dan aspek keamanan lainnya sangat berperan penting dalam menjaga keamanan data.

 

Sesuaikan dengan anggaran

 

Pertama, analisis ukuran bisnis perusahaan dan putuskan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk Software HR. Mengetahui anggaran dan klasifikasi ukuran bisnis perusahaan akan membantu vendor untuk menyesuaikan Software HR yang paling cocok untuk perusahan.  Anggaran Software HR akan sangat berbeda untuk perusahaan dengan jumlah karyawan atau jika memiliki proses manajemen HR yang unik.

Fitur

Setiap Software HR tentunya memiliki fitur uniknya masing-masing. Nah, apakah fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan menambah added value bagi HR? Sebaiknya perusahaan turut memastikan apakah fitur mudah digunakan atau tidak dengan meminta demo Software HR tersebut secara langsung untuk mengetahui dan mempelajari secara langsung simulasi dari proses dan fitur Software HR.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement