Himpun Dana Rp 200 Miliar, Kemenristek Kembangkan Vaksin Virus Corona

Cindy Mutia Annur
27 Mei 2020, 13:22
Kementerian Riset dan Teknologi, kemenristek, vaksin virus corona, teknologi
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi, penelitian virus corona. Kementerian Riset dan Teknologi menghimpun dana Rp 200 miliar untuk mengembangkan vaksi virus corona.

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) berhasil menghimpun dana hingga Rp 200 miliar untuk mengembangkan vaksin virus corona. Anggaran itu dihimpun dari berbagai instansi penelitian maupun perguruan tinggi seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hingga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan dana tersebut tidak hanya digunakan untuk pengembangan vaksin. "Untuk obat, penguatan screening dan diagnosa melalui tes kit, hingga penyediaan ventilator," ujar Bambang dalam video conference, Rabu (27/5).

Bambang mengatakan Kemenristik sebelumnya menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk penelitian vaksin corona. Dengan tambahan Rp 200 miliar, dia optimistis dana pengembangan prototipe vaksin dan teknologi corona cukup memadai.

Sebab, penelitian tersebut hanya bertujuan untuk menemukan bibit atau prototipe vaksin virus corona. Jika protitipe telah ditemukan, dana untuk tahap uji klinis akan menggunakan anggaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai instansi yang berperan menanggulangi Covid-19. 

"Ketika uji klinis selesai dan vaksin siap diproduksi dalam jumlah massal, maka (anggaran) ini masuk ke ranah industri, baik swasta maupun BUMN," ujar dia.

Bambang mengatakan proyek vaksin corona dikembangkan oleh tim Konsorsium Covid-19 besutan Kemenristek. Proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan protein rekombinan.

Protein itu dikembangkan dari genom yang ditemukan lembaga penelitian di Indonesia. Saat ini terdapat tujuh genom telah ditemukan oleh Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman dan dua genom ditemukan oleh Universitas Airlangga.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...