Pasokan Chip Dihambat AS, Huawei Cari Alternatif Pemasok

Fahmi Ahmad Burhan
27 Mei 2020, 13:56
Huawei Cari Alternatif Pemasok usai AS Perketat Ekspor Chip.
123RF.com
Logo kantor Huawei Techonologies. Amerika Serikat (AS) akan memperketat pasokan chip ke perusahaan teknologi Tiongkok, Huawei.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperkenalkan aturan baru berupa pembatasan ekspor chip untuk menjegal bisnis raksasa teknologi Tiongkok, Huawei Technologies. Namun, langkah itu diperkirakan bakal diantisipasi Huawei dengan mencari alternatif pemasok lain sehingga merugikan perusahaan AS dan pemasok sebelumnya. 

Pembatasan pasokan chip merupakan buntut ketegangan kedua negara usai AS mengungkit asal-asul virus corona. 

Dengan aturan ini, perusahaan asing yang menggunakan perangkat pembuat chip AS akan diharuskan memiliki lisensi AS sebelum memasok chip kepada Huawei.

(Baca: Huawei Akan Bantu Kemenristek Terapkan Kecerdasan Buatan di Indonesia)

Dikutip dari Reuters, salah satu sumber mengatakan perubahan peraturan itu sengaja ditujukan untuk membatasi penjualan chip dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) kepada Huawei. TSMC merupakan pemasok chip utama untuk Huawei.

Pengacara Perdagangan, Doug Jacobson menilai alih-alih menjegal Huawei, aturan pembatasan pasokan chip justru akan berdampak negatif terhadap perusahaan AS. "Sebab, Huawei akan mengembangkan rantai pasokan mereka sendiri," kata dia, Rabu (27/5). 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...