Pemerintah Ungkap Tantangan Membuat Vaksin Virus Corona

Cindy Mutia Annur
27 Mei 2020, 14:56
Pemerintah Ungkap Tantangan Membuat Vaksin Virus Corona
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi, peneliti dari Professor Nidom Foundation (PNF) melakukan proses pemisahan cairan (ekstraksi) struktur pernafasan (respirasi) kelelawar asal Kepulauan Riau di Surabaya, Jawa Timur, untuk pengembangan vaksin, Senin (10/2/2020).

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) membentuk tim khusus untuk mengembangkan vaksin virus corona. Salah satu tantangan dalam pengembangan ini yakni jenis virus penyebab Covid-19 di Indonesia belum diketahui.

Varian virus corona yang menyebar di Indonesia akan menentukan karakter vaksin. Khasiat vaksin pun kemungkinan berbeda-beda di setiap wilayah.

"Ini yang sebenarnya menjadi tantangan bagi para peneliti vaksin di seluruh dunia,” kata Menristek Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat mengikuti wawancara secara virtual, Rabu (27/5). “Apakah vaksin (yang dikembangkan) hanya untuk jenis virus tertentu atau bisa untuk semua jenis Covid-19.”

(Baca: Pemerintah Target Prototipe Vaksin Corona Buatan RI Rampung Maret 2021)

Untuk menjawab pertanyaan itu, diperlukan pengurutan keseluruhan genom atau Whole Genome Sequencing (WGS). Melalui WGS, LBM Eijkman akan mendapatkan informasi secara rinci mengenai jenis virus corona yang ada di Indonesia. 

"Ketika nanti ada pengembangan vaksin corona di negara lain, maka kita juga bisa mengecek apakah vaksin itu dapat dipakai di Indonesia," ujar Bambang. Karena itu, pemerintah dan swasta mau tak mau harus mengembangkan vaksin sendiri.

LBM Eijkamn sudah menemukan tujuh genom, sementara Universitas Airlangga dua genom. Penemuan ini juga telah masuk  Global Initiative for Sharing All Influenza Dat(a (GISAID) atau platform data virus influenza global. 

(Baca: Jokowi Puji Eijkman yang Temukan 7 Genom Virus Corona)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...