Lebih Cepat, Ilmuwan AS Fauci Optimis Vaksin Corona Ditemukan November

Ameidyo Daud Nasution
28 Mei 2020, 14:46
fauci, vaksin corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/foc/dj
Direktur NIAID yang juga anggota gugus tugas penanganan Covid-19 Amerika Serikat Dr Anthony Fauci (kanan) hari Rabu (27/5) menyatakan optimis Vaksin virus corona dapat tersedia akhir 2020

Pengembangan sejumlah vaksin untuk kekebalan terhadap virus corona Covid-19 terus dilakukan banyak negara. Ahli juga mulai optimistis antivirus dapat ditemukan akhir 2020 mendatang.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) Amerika Serikat Dr Anthony Fauci mengatakan jika semua proses berjalan lanar maka dunia akan memiliki vaksin corona setidaknya bulan November 2020. Saat ini beberapa perusahaan hingga institusi pendidikan tinggi sedang memulai uji coba antivirus Covid-19 pada manusia.

“Jika semua hal berjalan tepat, kami mungkin memiliki vaksin pada November-Desember,” kata Fauci hari Rabu (27/5) dikutip dari Forbes, Kamis (28/5).

(Baca: Pemerintah Ungkap Tantangan Membuat Vaksin Virus Corona)

Fauci menjelaskan dalam mempercepat penemuan vaksin, pihaknya coba mengambil langkah cepat dalam uji coba. Para peneliti NIAID mempersiapkan proses selanjutnya meski hasil tes belum keluar demi mempersingkat waktu pengembangan.

Namun Anggota Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gedung Putih itu memastikan target tersebut tak akan membuat Pemerintah AS melupakan aspek keamanan dan keselamatan dalam pengembangan antivirus.

Dia juga meragukan penggunaan hidroksiklorokuin dalam mengobati Covid-19 dengan alasan adanya risiko pada jantung pasien. "Data ilmiah benar-benar sangat jelas tentang kurangnya kemanjuran (obat) itu," kata Fauci dikutip dari CNN.

Salah satu yang sedang melakukan uji coba vaksin adalah perusahaan biotek AS yakni Novavax Inc pada Senin (25/5) lalu. Mereka menargetkan dapat memproduksi satu miliar dosis antivirus corona pada tahun depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...