Waspada, Begini Modus Pembajakan WhatsApp Lewat Vocer Gim Indomaret

Cindy Mutia Annur
29 Mei 2020, 14:45
pembajakan whatsapp, penipuan, whatsapp, vocer gim indomaret
PXHERE.COM
Ilustrasi.

Akhir-akhir ini terjadi pembajakan akun WhatsApp dengan modus penipuan vocer gim yang mengatasnamakan Indomaret. Pengguna WhatsApp dikelabui sedemikian rupa untuk memberikan enam digit kode verifikasi yang akan membuat penipu dapat mengambil alih akun WhatsApp korban.

Peneliti keamanan siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha mengatakan banyak penipu yang menggunakan modus menawarkan vocer gim dengan harga sangat murah, jauh di bawah harga normal.

Selain itu, banyak penipu yang menawarkan vocer gim gratis. Namun untuk mengaktifkan vocer tersebut, korban harus mengunjungi tautan yang dikirimkan penipu.

"Saat korban melakukan klik pada tautan tersebut, sistem WhatsApp mengirimkan perintah untuk mengirimkan angka verifikasi akun, di mana oleh pelaku disebut sebagai angka untuk verifikasi vocer gim," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (28/5).

(Baca: Akun Aktivis Pengkritik Stafsus Jokowi Diretas, WhatsApp Beri 6 Tips)

Pratama melanjutkan, setelah pelaku berhasil meyakinkan korban untuk mengirim angka verifikasi dari WhatsApp saat itu pelaku langsung mengambil alih akun WhatsApp milik korban.

Setelah berhasil mengambil alih akun WhatsApp korban, maka pelaku akan masuk pada grup-grup di akun tersebut dan mengirim sejumlah pesan pada anggota grup lain untuk mengirim uang ke rekeningnya. "Pelaku tentu berhitung, dari ratusan pesan yang dikirim, pasti ada beberapa yang menjadi korban dan transfer ke rekeningnya," ujar dia.

Sementara itu spesialis keamanan teknologi Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan bahwa modus yang digunakan pelaku pembajakan akun WhatsApp yaitu menggunakan SMS yang akan mendorong korban mengirimkan kode verifikasi akun WhatsApp-nya.

(Baca: Transaksi GoPay Naik, Gojek Ungkap 3 Strategi Jaga Keamanan Pengguna)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...