Pemerintah Berikan Bansos bagi Warga Terdampak Corona hingga Desember

Desy Setyowati
1 Juni 2020, 12:34
Pemerintah Berikan Bansos bagi Warga Terdampak Corona hingga Desember
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Ilustrasi, petugas Pos Indonesia menunjukkan bantuan sosial tunai yang akan disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Pos, Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020).

Pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) dalam berbagai jenis kepada warga yang terkena dampak pandemi corona. Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mengatakan, bantuan akan diberikan hingga akhir tahun ini.

"Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu pada rapat kabinet, bansos dilanjutkan," katanya usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, Jumat  (1/6).

Advertisement

Pemerintah juga sedang mempersiapkan penyaluran bantuan lanjutan. Ini meliputi bantuan sembako untuk warga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) maupun dalam bentuk tunai untuk warga luar Jabodetabek.

Saat ini, penyaluran bantuan sembako tahap ketiga sudah selesai dan akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. Penyaluran bantuan sosial tunai juga sebagian sudah selesai.

"Bansos tunai tahap pertama sudah selesai dan akan masuk pula ke tahap dua dan ketiga," kata Juliari. (Baca: Ragam Skema Bansos untuk Petani dan Nelayan Terdampak Pandemi Corona)

Ia mengaku, penyaluran bansos secara cepat kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi virus corona bukan perkara mudah. Penyebabnya, wilayah Indonesia luas dan kondisi geografisnya berbeda-beda.

Meski begitu, pemerintah terus berupaya memperbaiki pendistribusian bansos berdasarkan hasil evaluasi pada tahap-tahap awal. (Baca: Sandiaga Minta Pemerintah Fokus Bantu UMKM Terdampak Pandemi Corona)

Juliari juga menekankan bahwa bansos terkait Covid-19, hanya diberikan kepada warga yang terkena dampak, namun ak tercatat sebagai penerima bantuan reguler. Penyaluran bantuan ini akan dihentikan setelah pandemi berakhir.

Selama masa pandemi, pemerintah menyalurkan beberapa bantuan sosial kepada warga. Pertama, Bansos Khusus Pemerintah yang terdiri dari tiga jenis. Bantuan sembako dari pemerintah pusat untuk 2,6 juta warga DKI Jakarta, sebesar Rp 600 ribu per bulan, selama tiga bulan.

Lalu untuk 1,6 juta warga di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, senilai Rp 600 ribu per bulan, selama tiga bulan. Kemudian, bantuan langsungl tunai Rp 600 ribu per bulan untuk masyarakat di luar Jabodetabek.

Halaman:
Reporter: Antara, Rizky Alika, Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement