Tiga Bulan Pandemi, Kemenkeu Taksir Kerugian Ekonomi RI Rp 316 Triliun

Rizky Alika
3 Juni 2020, 05:05
Tiga Bulan Terimbas Corona, Kemenkeu Taksir Kerugian RI Capai Rp 316 T.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta selama masa PSBB, Selasa (7/4). Kemenkeu menaksir potensi kerugian Indonesia akibat pandemi corona mencapai Rp 316 Triliun.

Pandemi corona telah menjangkit di Indonesia selama tiga bulan dan telah berdampak pada perekonomian dalam negeri. Kepala Pusat Kebijakan Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Hidayat Amir memperkirakan, kerugian ekonomi Indonesia akibat aktivitas ekonomi yang hilang selama tiga bulan mencapai Rp 316 triliun.

Estimasi kerugian itu dihitung berdasarkan pertumbuhan ekonomi dalam situasi normal berkisar 5%. Sementara realisasinya, pertumbuhan ekonomi triwulan I 2020 hanya sebesar 2,97% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Advertisement

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi triwulan I lalu lebih rendah 2,03% dari situasi normal. "Ada loss dari potential growth sebesar 2,03% atau 2% dari pertumbuhan ekonomi. Secara kuantitatif, kalikan saja PDB saat ini sekitar Rp 15.800 triliun dengan 2%," kata dia dalam konferensi video di Jakarta, Selasa (2/6).

(Baca: Jokowi akan Lanjutkan Proyek Stategis Nasional meski Pandemi Corona)

Ia pun mengatakan, pihaknya tengah memperhitungkan penurunan aktivitas ekonomi di Indonesia dengan menggunakan pendekatan baru. BKF juga memperhitungkan aktivitas ekonomi yang meningkat selama pandemi.

Perhitungan tersebut dilakukan dengan menggunakan indikator non-konvensional, seperti aktivitas penerbangan, konsumsi listrik, data Google mobility, dan lainnya. Dengan demikian, pemerintah dapat memetakan penurunan aktivitas ekonomi akibat pandemi covid-19.

Kemenkeu pun sebelumnya telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akibat virus corona dalam beberapa skenario. Perekonomian RI diperkirakan tumbuh 2,3% dengan skenario paling ringan hingga negatif 0,4% berdasrkan terberat.

(Baca: Ekonomi Kuartal I Cuma Tumbuh 2,97%, BI Berpotensi Pangkas Bunga Acuan)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement