Pembukaan Sekolah dan Kampus di Jakarta Menanti Evaluasi Fase Transisi

Image title
4 Juni 2020, 18:28
Anies: Pembukaan Sektor Pendidikan Masih Tunggu Evaluasi Fase Transisi.
instagram.com/@aniesbaswedan
Gunernur Anies Baswedan. Pemprov DKI hingga kini masih menunda pembukaan sektor pendidikan di tengah fase transisi PSBB.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga akhir Juni dan secara bertahap memberlakukan fase transisi. Seiring hal ini sejumlah sektor usaha pun mulai dibuka, namun tidak demikian dengan sektor sektor pendidikan di seluruh tingkatan sekolah maupun lembaga pelatihan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembukaan sektor pendidikan masih menunggu hasil evaluasi pada pelaksanaan fase transisi pertama. Keputusan pembukaan sektor pendidikan ini dilakukan agar tak terjadi serangan fase kedua wabah seperti di beberapa negara.

"Di sektor pendidikan, baik itu PAUD, TK, RA, GA, Sekolah Madrasah hingga Perguruan Tinggi, tempat kursus dan penitipan anak di Jakarta itu semua sama masih menunggu. Begitu juga dengan kegiatan usaha lainnya masih menuggu di fase kedua," kata Anies dalam konferensi pers di Balaikota Jakarta, Kamis (4/6).

(Baca: Anies Terapkan PSBL pada 65 RW di Jakarta dengan Zona Merah Covid-19)

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan tahun ajaran baru pada 13 Juli 2020. Namun hal itu dipastikan tak berjalan bersamaan dengan pembukaan sekolah.

"Kegiatan belajar mengajar belum dimulai sampai kondsi aman. Kita semua tahu Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan tahun ajaran baru  dimulai 13 Juli, tapi itu kalender akademik bukan berarti sekolah-sekolah langsung dibuka," kata dia.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan pelaksanaan masa transisi pertama akan terus dievaluasi. Jika nantinya dalam pelaksanaannya jumlah kasus positif Covid-19 kembali melonjak maka pemerintah akan kembali menutup aktivitas sosial dan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...