Pertemuan OPEC+ Hari ini Batal, Harga Minyak Dunia Turun Tipis

Image title
4 Juni 2020, 09:04
harga minyak, harga minyak dunia, pertemuan opec+
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak turun tipis pada Kamis (4/6) pagi waktu Indonesia setelah pertemuan OPEC+ yang rencananya digelar hari ini batal terlaksana.

Harga minyak dunia turun tipis pada perdagangan Kamis (4/6) pagi waktu Indonesia, setelah pada sesi sebelumnya naik meski masih di bawah level tertinggi. Keraguan tentang waktu dan skala potensi perpanjangan pemangkasan produksi oleh OPEC dan sekutunya atau OPEC+ menjadi sentimen penekannya.

Mengutip Bloomberg pada 07.40 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 turun 0,78% menjadi US$ 39,48 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 1,39% ke level US$ 36,77 per barel.

Menurut sumber Reuters, Arab Saudi dan Rusia memiliki kesepakatan untuk memperpanjang penurunan produksi minyak satu bulan lagi. Meski begitu, pertemuan untuk membicarkan perpanjangan masa pemangkasan produksi diperkirakan tidak akan digelar hari ini, seperti yang dilaporkan sebelumnya.

"Sepekan ini harga menguat di tengah laporan bahwa pertemuan itu akan dilaksanakan lebih awal," kata Analis minyak di Petromatrix Olivier Jakob, seperti dikutip Reuters Kamis (4/6).

(Baca: Jelang Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Dunia Naik Lebih 3%)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...