Aliran Modal Asing Masuk Lewat Obligasi Negara Tembus Rp 7 T Pekan Ini

Agatha Olivia Victoria
5 Juni 2020, 15:46
BI Catat Aliran Modal Masuk Lewat SBN Tembus Rp 7 Triliun Pekan Ini.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Ilustrasi dolar Amerika Serikat (AS). mencatat aliran modal asing masuk ke Tanah Air tembus Rp 7 triliun pada pekan pertama Juni 2020.

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing masuk ke Tanah Air tembus Rp 7 triliun pada pekan pertama Juni 2020. Adapun aliran modal tersebut masuk melalui portofolio Surat Berharga Negara (SBN).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, tren aliran modal asing masuk ke Tanah Air semakin membaik. "Pada minggu pertama Juni sudah Rp 7,01 triliun," kata Perry dalam konferensi video, Jumat (5/6).

(Baca: Modal Asing Kembali Mengalir Masuk Pasar Domestik, IHSG Naik 1,6%)

Adapun derasnya aliran modal masuk melalui SBN ini menurutnya sudah berlangsung sejak pekan kedua Mei 2020. BI mencatat, pada pekan kedua Mei terdapat nett inflow SBN Rp 2,97 triliun, lalu pada pekan ketiga Mei Rp 6,15 triliun, dan pekan keempat Mei Rp 2,5 triliun.

Dengan demikian, ia menilai optimisme investor asing terhadap RI semakin membaik. "Ini kemudian bisa berdampak pada penguatan rupiah," ujarnya.

Perry mengungkapkan,  rupiah siang ini menembus level Rp 14 ribu per dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan, mata uang Garuda saat ini diperdagangkan pada level bid Rp 13.885 per dolar AS dan offer Rp 13.960 per dolar AS.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...