Risiko Penularan Corona Rendah, 9 Sektor Ekonomi akan Dibuka Kembali

Dimas Jarot Bayu
5 Juni 2020, 11:50
sektor ekonomi, pandemi corona, virus corona, penularan corona psbb
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Ilustrasi. Pembukaan sembilan sektor ekonomi di tengah pandemi corona dilakukan melihat indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Pemerintah akan membuka kembali sembilan sektor ekonomi di tengah pandemi virus corona. Sembilan sektor tersebut, antara lain pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik, dan transportasi barang.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sembilan sektor tersebut akan dibuka kembali karena memiliki risiko penularan corona yang rendah. “Namun menciptakan lapangan kerja yang luas dan mempunyai dampak ekonomi yang signifikan,” kata Doni dalam keterangan video, Kamis (4/6).

Menurut Doni, pembukaan sembilan sektor ekonomi tersebut dilakukan melihat indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan. Selain itu, indikator ketenagakerjaan, proporsi PDRB sektoral, dan indeks keterkaitan sektor. 

(Baca: PSBB Transisi, KRL Mulai Hari Ini Beroperasi hingga Pukul 8 Malam)

Gugus Tugas juga telah melakukan diskusi dengan pimpinan kementerian/lembaga dan para pakar. “Baik epidemiologi, kesehatan masyarakat, ekonomi kerakyatan, sosial budaya, dan keamanan,” kata Doni.

Pembukaan sembilan sektor ekonomi tersebut akan dilakukan oleh kementerian/lembaga terkait dengan menerapkan protokol kesehatan yang diawali dengan edukasi, sosialisasi, dan simulasi secara bertahap. Adapun pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan ekonomi tersebut tak hanya dilakukan oleh kementerian/lembaga terkait, tetapi juga Gugus Tugas baik di pusat dan daerah.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...