Harga Emas Dunia Tertekan, Logam Mulia Antam Stagnan Rp 876 Ribu/Gram

Desy Setyowati
8 Juni 2020, 08:52
Harga Emas Dunia Tertekan, Logam Mulia Antam Stagnan Rp 876 Ribu/Gram
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi emas batangan PT Aneka Tambang di butik Gedung Ravindo.

Harga emas Antam stagnan di level Rp 876 ribu per gram pada perdagangan hari ini (8/6). Sedangkan logam mulia dunia turun, karena data tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) lebih baik dari perkiraan pasar.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot turun 0,2% ke level US$ 1.681,8 per ons per Pukul 8.11 WIB, mendekati level terendah sejak April lalu. Sedangkan harga emas berjangka pagi ini naik tipis 0,7% ke posisi US$ 1.677,4 per ons.

“Emas turun lebih dari 2% (pada perdagangan kemarin), karena data pekerjaan AS yang kuat meningkatkan taruhan pemulihan,” demikian dikutip dari Reuters, Senin (8/6).

Data terkait tenaga kerja AS alias Non-Farm Payroll meningkat 2,5 juta pekerjaan pada bulan lalu. Hal ini berbeda dengan perkiraan pasar bahwa bakal terjadi penurunan 8 juta pekerjaan, setelah rekor pengurangan 20,69 juta pada April lalu.

(Baca: Harga Emas Dunia Melesat, Logam Mulia Antam Hanya Naik Rp 1.000/Gram)

Non-Farm Payroll merupakan perubahan jumlah tenaga kerja AS di semua sektor, kecuali pegawai pemerintah, ibu rumah tangga, yang bekerja pada organisasi non-profit (LSM) dan pertanian. Data ini mencerminkan kondisi ketenagakerjaan di sektor komersil dan industri di Negeri Paman Sam.

Laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat oleh Departemen Tenaga Kerja juga menunjukkan, tingkat pengangguran turun menjadi 13,3% bulan lalu. Padahal, tingkat pengangguran di AS mencapai 14,7% pada April, atau merupakan yang tertinggi setelah Perang Dunia Kedua.

"Meskipun ada beberapa faktor risiko seperti demonstrasi akhir pekan di AS dan kekhawatiran tentang gelombang kedua virus corona, harapan pembukaan kembali ekonomi memimpin," kata Ahli strategi senior di Sumitomo Mitsui DS Asset Management Masahiro Ichikawa.

(Baca: Harga Emas Dunia Jatuh, Logam Mulia Antam Anjlok Lagi Rp 17 Ribu/Gram)

Di dalam negeri, harga emas Antam stagnan untuk seluruh jenis produk berdasarkan bobot. Harga penjualan kembali emas Antam juga  stagnan di posisi Rp 762 ribu per gram.

Berikut harga emas di Butik Emas LM Pulo Gadung pada hari ini, dikutip dari www.logammulia.com:

Emas batangan 0,5 gram: Rp 468.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...