Sasar Pasar UKM, Ini Strategi Baru Grab Menangkan Persaingan di Asean

Cindy Mutia Annur
8 Juni 2020, 21:33
grab, ukm, layanan b2b, grab merchant
grab
Ilustrasi. Tercatat, ada sekitar 78.000 pedagang baru yang telah mendaftar ke Grab Merchant saat perusahaan meluncurkan layanan tersebut di seluruh pasarnya, termasuk Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Penyedia layanan on demand Grab meluncurkan layanan pasar bisnis ke bisnis melalui platform barunya, Grab Merchant pada Senin (8/6). Layanan B2B ini bertujuan membantu para usaha kecil dan menengah di Asia Tenggara agar dapat mengelola bisnis mereka lebih terintegrasi  secara online.

Perusahaan layanan on demand asal Singapura itu mengatakan,  para pelaku UKM dapat memperoleh pasokan hingga mengelola iklan melalui layanan B2B tersebut. Grab pun berharap dapat meluncurkan layanan keuangan untuk para merchant dalam beberapa bulan mendatang melalui layanan keuangan GrabPay.

Tercatat, ada sekitar 78.000 pedagang baru yang telah mendaftar ke Grab Merchant saat perusahaan meluncurkan layanan tersebut di seluruh pasarnya, termasuk Malaysia, Thailand, dan Filipina. 

(Baca: Saingi Gojek dan Grab, Fintech DANA Gaet Startup Kesehatan YesDok)

Para merchant makanan dan minuman yang sebelumnya menggunakan aplikasi merchant GrabFood dialihkan ke aplikasi Grab Merchant. Langkah ini mengkonsolidasikan bisnis makanan dan minuman yang ada di Grab Food, bahan makanan di GrabMart, dan pembayaran tanpa uang tunai. 

Co-Founder Grab Hooi Ling Tan mengatakan, pandemi corona telah mempercepat perubahan yang terjadi pada bisnis digital. Perusahaan pun  melihat ketergantungan pada layanan online tumbuh secara eksponensial hampir dalam 'semalam' akibat pandemi ini. 

"Kami berharap Grab Merchant dapat membantu usaha kecil menavigasi kehidupan normal baru ini. Kami akan memanfaatkan teknologi kami dan menjangkau untuk menemukan cara-cara baru dalam berbisnis yang secara inklusif dapat mendukung semua orang, ”ujar Tan dikutip dari DealStreetAsia, Senin (8/6).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...