Bank Makin Serius Garap Layanan Online, Asosiasi Fintech Siap Bermitra

Fahmi Ahmad Burhan
11 Juni 2020, 08:22
Bank Makin Serius Garap Layanan Online, Asosiasi Fintech Siap Bermitra
? ??/123rf
Ilustrasi layanan keuangan berbasis digital

Beberapa bank termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Central Asia (BCA) makin serius menggarap layanan berbasis online, saat memasuki normal baru (new normal). Menanggapi hal ini, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) optimistis industrinya tidak akan tersaingi.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas AFPI Tumbur Pardede menilai, yang akan terjadi ke depan yakni perbankan dan fintech berkolaborasi. Dalam hal ini, perbankan dapat berperan sebagai tempat penyimpanan dana fisik maupun pemberi pinjaman (lender).

"Tidak mungkin ke depannya bertabrakan. Justru sebaliknya. Peluang potensi ke depan sangat besar untuk berkolaborasi," kata Tumbur kepada Katadata.co.id, Rabu (10/6).

Fintech menargetkan segmen pasar yang berbeda dengan perbankan, yakni masyarakat yang belum mendapat layanan bank (unbanked) atau kurang terlayani (underbanked). Secara spesifik, fintech pembiayaan (lending) dapat memberikan pinjaman skala kecil, sementara perbankan berfokus melayani kredit dengan nilai besar.

(Baca: Hadapi The New Normal, BRI Lakukan Transformasi)

Lagi pula, AFPI, khususnya fintech lending berfokus untuk berkolaborasi saat ini. "Jadi meskipun perbankan punya teknologi canggih, mereka tidak sama dengan fintech Peer to Peer, pendekatannya berbeda. Ini bukan spesifikasi perbankan," kata Tumbur.

Bahkan, dengan berkolaborasi, kepercayaan pengguna terhadap layanan fintech akan meningkat. Sedangkan perbankan dapat memperluas pasar lewat kolaborasi dengan perusahaan teknologi finansial.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...