Pembukaan Mal Jakarta: Pengunjung Toko Sepi, Restoran Mulai Ramai

Image title
15 Juni 2020, 18:15
Pembukaan Mal Jakarta: Pengunjung Toko Sepi, Restoran Mulai Ramai.
Katadata / Tri Kurnia Yunianto
Dua orang karyawan toko sedang beraktivitas di tengah pembukaan perdana mal pada Senin (15/6).

Sejumlah mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta resmi kembali beroperasi hari ini menyusul diterapkannya fase transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Berdasarkan pantauan, jumlah pengunjung mal masih relatif sepi, meski hampir semua gerai di dalam mal buka.

Pada pembukaan mal perdana hari ini, Katadata.co.id  berkesempatan mengunjungi dua mal berbeda di kawasan Jakarta Selatan.

Pantauan pertama kami di mal Kota Kasablanka,  hampir seluruh gerai sudah mulai dibuka mulai dari makanan, elektronik, fesyen hingga kosmetik. Selain gerai restoran atau makanan, kondisi gerai masih relatif lengang dengan jumlah pengunjung kurang dari lima orang.

(Baca: Mal di Jakarta Mulai Buka Hari Ini, Berikut Protokol Kesehatannya)

Untuk mengawasi jalannya protokol kesehatan dan keamanan mal, pihak aparat TNI pun terlihat berjaga-jaga di setiap pintu masuk. Salah satu petugas keamanan mal, Adji (27) menuturkan mal sudah dibuka pukul 10.00 WIB dengan pengawsan ketat pihak pengelola.

"Tadi dibuka mulai jam 10.00, sekarang ya sudah mulai ada pengunjung. Semua orang di sini wajib menggunakan masker," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (15/6).

Sementara itu, Retail Supervisor Sogo Dedi Suparto (36) mengatakan, di hari pertama pembukaan mal, belum ada peningakatan transaksi penjualan signifikan. Sejak dibuka pada pukul 11.00 hingga pukul 14.00 WIB, menurutnya baru ada beberapa pengunjung saja yang membeli pakaian. 

"Biasanya penjualan ramai, sekarang masih sepi belum seperti kondisi normal," kata Dedi.

Pada fase normal baru (new normal) saat ini, pihak gerai memberlakukan sejumlah kebijakan baru. Untuk meningkatkan kenyamanan dan mencegah dampak penyebaran virus, semua seluruh pakaian yang telah dicoba oleh pembeli akan disemprot desinfektan secara berkala. 

(Baca: Jubir Covid-19: Masyarakat Masih Bergerombol saat Jam Makan Siang)

Kemudian, sebagaimana protokol kesehatan lainnya, pengunjung dan karyawan juga diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer sehabis menyentuh barang. Sebelum masuk gerai, ada petugas yang memeriksa suhu tubuh.

"Fasilitas fitting room juga dibatasi. Jadi benar-benar disiapkan," katanya.

Beranjak ke area foodcourt dan gerai restoran, kami mendapati pemandangan berbeda. Area ini dipadati pengunjung yang makan di tempat berjumlah belasan atau puluhan orang. Mayoritas pengunjung ini tampaknya merupakan karyawan kantoran yang sedang makan siang. 

Tidak ada sekat ataupun pembatasan meja antarpengunjung. Dengan demikian, sulit menerapkan pembatasan jarak di lokasi tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...