Waspadai Gelombang Kedua Corona, Tiongkok Perketat Pengawasan

Image title
Oleh Ekarina
15 Juni 2020, 09:49
Waspadai Gelombang Kedua Corona, Tiongkok Perketat Pengawasan.
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/foc/cf
Antrian warga untuk mengikuti tes Covid-19 di sebuah kota di Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok memperketat pengawasan akan penyebaran wabah virus corona setelah puluhan kasus baru muncul dari pasar makanan. Negara itu kembali mencatat penambahan kasus baru setelah berminggu-minggu hampir tak ditemukan penyebaran wabah. 

Munculnya kasus Covid-19 di sebuah pasar grosir di Beijing, meningkatkan kekhawatiran tentang terjadinya gelombang kedua virus. 

Pemerintah pun merespons cepat dengan segera meningkatkan tindakan pengujian. Pada Minggu (14/6), pemerintah juga meminta seluruh perusahaan untuk mengawasi karantina rumah kepada para pekerjanya yang telah mengunjungi pasar Xinfadi dan pernah melakukan kontak dengan orang lain.  

(Baca: Brasil Umumkan 21.704 Kasus Baru Covid-19 dalam 24 Jam)

Jaringan restoran yang menjual mie tradisional Tiongkok menutup beberapa outlet setelah dua karyawan dinyatakan positif.

Kota ini hampir dua bulan tak mencatat kasus baru, sampai pada 12 Juni ada laporan pasien terpapar virus. Sejak saat itu, jumlah total warga positif meningkat menjadi 51 orang, termasuk di antranya delapan orang yang dilaporkan terinfeksi pada hari Minggu. 

Menurut otoritas kesehatan kota, pelacakan kontak menunjukkan semua orang yang terinfeksi pernah bekerja atau berbelanja di Xinfadi, sebuah pasar makanan Tiongkok yang juga dijuluki pasar terbesar di Asia tersebut. 

"Beijing telah memasuki periode yang luar biasa," kata juru bicara kota Xu Hejian dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters, Senin (15/6). 

Pasar itu pun akhirnya ditutup Sabtu (13/6) dinihari.  Wabah Beijing telah menyebar ke provinsi tetangga Liaoning di wilayah timur. Otoritas kesehatan provinsi itu mengatakan, dua kasus baru yang dikonfirmasi pada hari Minggu adalah dua orang yang telah melakukan kontak dengan pengunjung pasar. 

Setidaknya 10 kota Tiongkok, termasuk Harbin dan Dalian, telah mendesak warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Ibu Kota atau melaporkan kepada pihak berwenang apabila ada warga yang berpergian belum lama ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...