Normal Baru, Pasar di Beberapa Daerah Jadi Klaster Penularan Corona

Pingit Aria
17 Juni 2020, 16:22
Petugas Polisi Pamong Praja Provinsi Lampung melakukan sosialisasi protokol kesehatan di pasar tradisional di Bandar Lampung, Lampung, Rabu (17/6/2020). Sosialisasi tersebut sebagai upaya Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota untuk mencegah penye
ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.
Petugas Polisi Pamong Praja Provinsi Lampung melakukan sosialisasi protokol kesehatan di pasar tradisional di Bandar Lampung, Lampung, Rabu (17/6/2020). Sosialisasi tersebut sebagai upaya Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 terutama jelang penerapan tatanan normal baru.

Masa transisi menuju normal baru berarti mulai dibukanya Kembali kegiatan ekonomi, termasuk di pasar-pasar tradisional. Bagaimanapun, kekhawatiran muncul sebab pedagang pasar di beberapa daerah terdeteksi positif Covid-19. Pemerintah harus lebih ketat memberlakukan protokol Kesehatan.

Pakar kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menyebut pasar tradisional bisa menjadi kluster penyebaran virus corona. "Ini sudah terjadi. Di beberapa tempat sudah terbukti bahwa pasar bisa jadi klaster karena ditemukan pedagang-pedagang yang positif," katanya.

Berbeda dengan pusat perbelanjaan modern, arus keluar masuk di pasar tradisional tidak bisa dikontrol. Selain itu, tidak semua pasar telah menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung seperti pengecekan suhu tubuh.

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) menyebutkan bahwa ada lebih dari 14 ribu pasar tradisional di Indonesia. Namun, sebanyak 76% di antaranya belum menggelar rapid test bagi pedagangnya.

(Baca: Positif Corona RI Naik 1.031 Kasus, Terbanyak dari Jatim & Jakarta)

Untuk itu dr Ari berharap agar pemerintah daerah setempat melakukan mitigasi dan pengecekan yang lebih massif di pasar tradisional yang dianggap berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Corona. Fasilitas sanitasi seperti tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus tersedia di lokasi pasar.

Berikut adalah beberapa kasus penularan virus corona di antara pedagang pasar tradisional di berbagai daerah:

1. DKI Jakarta

Pedagang pasar tradisional di DKI Jakarta yang positif Covid-19 mencapai 64 orang pada Selasa (16/6). Berikut data 64 pedagang dari pasar tradisional di Jakarta yang terjangkit Covid-19:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...