Meski Hadapi Corona, Jokowi Ingatkan Jajarannya Cegah Kebakaran Hutan

Dimas Jarot Bayu
23 Juni 2020, 12:04
karhutla, corona, jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Dalam rapat (23/6), Jokowi memerintahkan bawahannya bersiap cegah kebakaran hutan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya untuk tetap mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) meski RI tengah menghadapi pandemi virus corona Covid-19. Pasalnya sebagian daerah sudah mulai memasuki musim kemarau sejak April 2020.

Merujuk data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), 17% wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau sejak April 2020. Sebanyak 38% wilayah sudah memasuki musim kering pada bulan lalu.

Sedangkan 27% wilayah RI telah masuk kemarau pada Juni 2020. Makanya Jokowi memerintahkan jajaranya bersiap sebelum memasuki Agustus. “Persiapan satu bulan untuk mengingatkan ini,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/6).

(Baca: 1,6 Juta Ha Lahan Gambut Terbakar, 63% Terkait Izin Konsesi Sawit)

Atas dasar itu, Jokowi meminta manajemen lapangan dalam antisipasi karhutla harus terkonsolidasi dan terkoordinasi dengan baik. Dia juga ingin jajarannya bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pemantauan dan pengawasan.

Jokowi mencontohkan sistem pemantauan dan pengawasan yang dimiliki Provinsi Riau sudah cukup bagus dalam mengantisipasi karhutla. Sebabnya, sistem tersebut dapat menggambarkan situasi lapangan secara detail.

“Saya kira kalau seluruh wilayah yang rawan kebakaran ini bisa dibuat seperti itu maka pengawasan akan lebih mudah,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...