Jumlah Pemeriksaan Meningkat, Gugus Tugas Bantah Kasus Corona Memburuk

Dimas Jarot Bayu
24 Juni 2020, 14:37
gugus tugas covid 19, penyebaran virus corona, penyebaran corona, virus corona
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Dokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR). Gugus Tugas menyatakan kondisi penyebaran virus corona di Indonesia tidak memburuk seiring jumlah tes yang lebih banyak.

Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah membantah bahwa kondisi penyebaran virus corona di Indonesia semakin memburuk. Menurut Dewi, kondisi penyebaran corona saat ini masih sama dengan beberapa waktu sebelumnya.

Adapun, kenaikan jumlah kasus corona di Indonesia lantaran jumlah pemeriksaan melalui polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM) semakin meningkat. "Kondisinya sama, tapi dengan testing yang lebih banyak," kata Dewi dalam konferensi pers dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/6).

Dewi mencontohkan jumlah orang yang diperiksa dalam sepekan pada 11-17 Mei 2020 mencapai 26 ribu. Sementara, jumlah orang yang telah diperiksa selama sepekan dari 15-21 Juni 2020 sebanyak 53 ribu.

Dari jumlah orang yang diperiksa itu, rasio spesimen positif terhadap total tes (positivity rate) pada 11-17 Mei 2020 13%. Pada 15-21 Juni 2020, positivity rate-nya mencapai 14%. "Artinya apa? laju penularannya masih sama di Indonesia," kata Dewi.

(Baca: Gugus Tugas: Hampir 60% Wilayah RI Berisiko Rendah & Zona Hijau Corona)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...